Selasa 02 Dec 2014 03:11 WIB

Liburan ke Rumah Kakek, Mengapa Tidak?

Rep: c13/ Red: Hazliansyah
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.
Foto: corbis
Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Menentukan destinasi liburan bukan perkara mudah, walaupun deretan tempat wisata tersebar di berbagai penjuru dunia. Tapi pernahkah Anda berpikir untuk menjadikan rumah kakek/nenek sebagai tempat liburan? 

Ya, rumah kakek-nenek sebenarnya menjadi tempat terbaik untuk bersantai dan menikmati liburan. Hal ini dikarenakan mereka hanya akan memperlakukan Anda sebaik mungkin saat berkunjung ke rumah mereka.

Terlebih dari itu, dengan mengunjungi kakek-nenek akan membuat keluarga Anda lebih kuat dan lebih bahagia. Berikut sejumlah alasan pentingnya menjadikan rumah kakek-nenek sebagai salah satu tempat liburan.

1. Hanya untuk memeluk dan mengatakan bahwa Anda mencintai mereka

Kita sering melupakan kelembutan, kata-kata baik dan tiga kata ajaib 'Aku mencintaimu'. Cinta bukan tanda kelemahan dan kakek-nenek kita layak mendengar kata-kata menyenangkan tersebut.

 

Jangan merasa malu menunjukkan dan membuktikan cinta Anda. Psikolog mengatakan, kesenjangan generasi bisa menjadi alasan kesalahpahaman sebagian antara kakek-nenek dan keturunan mereka. Namun kita harus mencoba untuk memahami mereka dan mengatasi hambatan komunikasi.

Mereka memang tidak modern seperti kita, karena generasi mereka memiliki pandangan yang sangat berbeda pada kehidupan ini. Namun pelukan dan senyuman yang tulus dapat menjadi obat terbaik dari penyakit  untuk kakek-nenek tersayang Anda.

2. Mereka membutuhkan bantuan dan dukungan

Orang tua adalah makhluk yang sangat rentan. Mereka membutuhkan dukungan baik fisik dan mental.

Sebagai orang muda, kita harus cukup untuk memberikan perhatian. Selain itu, kita juga perlu mendengarkan keluh kesah mereka. Kita jangan sampai membiarkan mereka merasa kesepian dan tidak berguna.

3. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda telah menjadi orang yang sukses

Cobalah untuk mengunjungi kakek-nenek Anda sesering mungkin. Mereka tidak akan pernah iri, karena mereka akan merasa disayangi.

Perlu Anda ingat, mereka adalah orang-orang yang paling tulus dari hidup Anda. Ketika mereka melihat bahwa Anda baik-baik saja, maka hati mereka akan tenang seketika.

4. Ini mungkin musim liburan terakhir dalam hidup mereka

Sayangnya, orang-orang seperti lilin. Cahaya mata mereka bisa mati dalam sekejap. Kemungkinan besar bahwa hati mereka akan berhenti satu hari .

Orang-orang cenderung mengabdikan diri untuk hiburan, karena hal ini membuat mereka sukacita dan menyenangkan. Namun kita juga harus menyadari semua itu hanya membawa kepuasan sementara.

Hubungan yang sehat dan saling pengertian harus menjadi prioritas utama dalam hidup Anda. Berharaplah bahwa Allah SWT akan membuat kakek-nenek Anda hidup panjang dan bahagia. Untuk itu, Anda harus mengunjungi, mendukung dan mengucapkan terima kasih kepada mereka juga, karena kitalah harapan masa depan mereka.

5. Mereka adalah sumber kebijaksanaan keluarga Anda

Kakek-nenek adalah anggota paling bijaksana dari keluarga Anda. Mereka sudah melalui kesulitan berkali-kali dalam hidup. Mereka telah mengisi kehidupan keluarga Anda dengan nilai-nilai, tradisi dan momen-momen yang penuh warna.

Jika Anda tidak tahu bagaimana harus bertindak atau berperilaku dalam satu atau situasi lain, Anda dapat meminta kakek-nenek Anda memberikan nasihat berharganya.

Musim liburan adalah kesempatan yang sempurna untuk berkunjung. Selain itu, kita juga bisa  menghabiskan waktu bersama-sama dan berbicara berbagai hal dengan nenek atau kakek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement