Sabtu 29 Nov 2014 09:21 WIB

Tiga Masalah Kulit dan Cara Mengatasinya

Rep: Satya Festiani/ Red: Winda Destiana Putri
Wajah (Ilustrasi)
Wajah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah anda mengalami gangguan kulit tetapi anda malu berobat ke dokter? Hasil survey menunjukan terdapat tiga masalah kulit yang umum terjadi pada wanita dan mereka malu berobat ke dokter. Seperti yang dilansir oleh Female First, Sabtu (29/11) masalah tersebut adalah:

Spider veins

Spider veins adalah salah satu jenis varises. Ciri-cirinya adalah munculnya guratan berwarna kemerahan atau kebiruan. Umumnya, ini terjadi betis dan wajah. Varises terjadi karena perubahan hormon, terlalu terekspos matahari, atau kurangnya konsumsi buah dan sayur.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan memperbaiki pola makan. Pastikan anda minum air yang cukup setiap harinya. Dehidrasi dapat membuat munculnya spider veins. Penderita juga disarankan memakan banyak buah dan sayur dalam berbagai macam warna. Antioksidan yang terkandung dalam buah dan sayur tersebut mencegah kerusakan dalam aliran darah dan mendukung terbentuknya kolagen.

Untuk pencegahan, usahakan jangan duduk sambil menyilangkan kaki karena dapat menghambat sirkulasi darah. Berdiri terlalu lama juga dapat menimbulkan varises. Lalu, duduklah dengan tegak untuk memperbaiki sirkulasi darah.

Jerawat

Jerawat terjadi karena perubahan hormon, kelebihan sebum dan genetik. Ketika pori-pori tersumbat, bakteri dapat menginfeksi sebum yang tersumbat dalam pori-pori sehingga timbullah jerawat.

Untuk mencegah jerawat, makanlah makanan bernutrisi, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian yang tak digarami, alpukat, ikan, buah dan sayur. Kurangi makanan kaleng dan minum air yang cukup banyak.

Untuk pencegahan, bersihkan muka dengan hati-hati. Jangan terlalu kasar ketika menggosok muka karena dapat menghilangkan minyak di wajah. Cobalah tidak menggunakan produk yang mengandung minyak mineral karena dapat menyumbat pori.

Eksim

Eksim adalah kondisi ketika kulit terasa gatal, kering, pecah-pecah dan kemerahan. Umumnya terjadi di daerah lipatan, seperti belakang lutut dan di dalam siku. Eksim terjadi karena faktor lingkungan, seperti debu dan juga ketidakseimbangan asupan makanan.

Situs tersebut menyarankan penderita eksim untuk memakan lebih banyak lemak baik yang terdapat di kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan. Penderita juga disarankan untuk memiliki buku untuk mencatat makanan apa saja yang memicu timbulnya eksim pada penderita.

Untuk pencegahan, hindari penggunaan deterjen yang keras dan produk berpewangi. Cobalah mengenakan deterjen lembut dengan bahan-bahan natural. Pilih juga pakaian yang lembut dan menyerap keringat untuk mencegah iritasi kulit.

Satya Festiani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement