Selasa 25 Nov 2014 06:04 WIB
Musi Triboatton 2014

Selain Gali Wisata Sungai, Musi Triboatton Efektif Ubah Perilaku Masyarakat

Musi Triboatton. Ilustrasi.
Foto: Antara
Musi Triboatton. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PAGAR ALAM, SUMSEL -- Indonesia memiliki potensi wisata yang besar. Salah satunya adalah wisata sungai. Namun sayang, wisata jenis ini belum banyak dikembangkan.

Hal inilah yang menjadi landasan digelarnya Musi Triboatton, perlombaan tiga cabang olahraga air (kayak, rafting dan perahu naga) yang kali ini memasuki tahun ketiga penyelenggaraan.

"Di Indonesia wisata sungai relatif belum maju, karena itu kita berpikir bagaimana cara yang efektif untuk memasyarakatkan wisata sungai," kata Sapta Nirwandar, Chairman (penggagas) Musi Triboatton usai pembukaan "Musi Triboatton 2014", Senin (24/11) malam di Alun-Alun Kota Pagaralam.

Setelah melakukan beberapa kajian, katanya, akhirnya ditemukan formulasi yang tepat untuk meningkatkan potensi sungai baik sebagai wisata sekaligus kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan, khususnya sungai dari hulu hingga ke hilir.

"Setelah kita melakukan FGD (Focus Group Discussion) akhirnya ditemukan Triboatton, yang merupakan satu-satunya di dunia," kata dia.

Dengan kegiatan ini masyarakat diharapkan dapat mengubah perilaku dalam menjaga kondisi sungai.

"Masyarakat yang ada di bantaran sungai dapat berperilaku dengan baik dan menghargai sungai. Step by step orang akan melihat sungai sebagai sebuah potensi pariwisata," kata Sapta.

"Musi Triboatton 2014" adalah ajang yang memperlombakan tiga cabang olahraga, yaitu arung jeram, kayak dan perahu naga. Di ajang yang akan berlangsung 24 hingga 29 November ini diikuti 14 tim, yakni Sumatera Selatan 1, Sumatara Selatan 2, Sumatera Barat, Nangroe Aceh Darussalam, Jawa Barat, Bangka Belitung, Jambi, Riau, Malaysia, Iran, Singapura, Filipina dan Brunei Darussalam.

Seluruh tim akan mengarungi sungai Musi sejauh kurang lebih 523 kilometer, menyusuri empat wilayah Kabupaten dan satu Kota. Yakni Kabupaten Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Kota Palembang dan berakhir di Jembatan Ampera.

Etape 1 akan dimulai hari ini, Selasa (25/11) esok dengan titik start di Tanjung Raya dan finish di Tebing Tinggi. Etape 1 akan ditempuh sejuah 35 kilometer.

"Musi Triboatton" merupakan salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata khususnya wisata Sungai Musi melalui olahraga air.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement