Selasa 25 Nov 2014 15:12 WIB

Kaya Vitamin B, Alasan Anda Harus Mencicipi Bulgur

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Bulgur Kari
Foto: Allwomenstalk
Bulgur Kari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karena manfaatnya yang banyak untuk kesehatan, bulgur sangat cocok Anda masukkan dalam menu diet. Apalagi bulgur merupakan makanan yang kaya akan serat, rendah kalori juga mengandung zat besi. Selain, kandungan apa lagi ya yang ada dalam seamgkuk bulgur. Mari kita lihat detailnya seperti yang dilansir dalam laman Allwomenstalk, Selasa (25/11).

Sumber vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin penting yang dapat membantu metabolisme makanan dari dalam tubuh dan dirubah menjadi energi. Karena itu, Anda harus bisa memastikan tubuh Anda mendapatkan vitamin B yang cukup. Bulgur terbuat dari gandum utuh yang merupakan sumber vitamin B yang baik. Dalam satu porsi bulgur, Anda mendapatkan delapan hingga 12 persen kebutuhan vitamin B dalam sehari. Itulah mengapa Anda patut mencoba bulgur ini.

Sumber Mangan

Bulgur merupakan sumber mangan yang luar biasa. Dalam satu mangkok bulgur mampu mencukupi 55 persen kebutuhan mangan harian Anda. Mangan merupakan mineral yang baik untuk mendukung kesehatan tulang, kesehatan tiroid dan kesehatan otak Anda. Mangan juga membantu mengontrol kadar gula darah Anda dan membantu menyerap vitamin dan mineral. Karena itu, sangat jelas Mangan merupakan sumber mineral yang penting. Dan makan bulgur akan membantu Anda memastikan mendapatkan mangan yang cukup.

Sumber protein

Selain zat-zat makanan seperti serat, zat besi, vitamin B dan mangan, bulgur juga mengandung sekitar 13 persen protein. Dalam satu mangkok ada sekitar enam gram protein. Ini akan membantu Anda memenuhi 11 persen kebutuhan akan protein harian Anda, yang akan memberikan Anda dorongan yang bisa menjaga tubuh Anda tetap kenyang dan memberikan tubuh Anda membangun blok yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki otot.

Sangat cepat dimasak

Sangat cepat bila dimasak merupakan salah satu alasan utama mengapa Anda harus memasukkan bulgur dalam menu diet Anda. Anda bisa memasak bulgur sambil mengecek email Anda. Untuk menyiapkan bulgur, Anda hanya perlu menuangkan air mendidih kedalam mangkuk berisi bulgur. Kemudian tunggulah selama tujuh menit. Bulgurpun siap Anda nikmati. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi biji gandum yang sehat ini. Cepat, mudah dan enak.

Meskipun saat ini bulgur tidak masuk dalam menu diet Anda, tapi ketika Anda mengetahui semua manfaat kesehatan bulgur dan cara memasaknya yang cepat mungkin Anda tertarik untuk mencobanya bahkan lebih sering memakannya. Nikmati rasanya yang enak. Selamat mencoba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement