Ahad 23 Nov 2014 21:21 WIB

Minum Air di Sumur Keramat Situs Gunung Padang, Bisa Awet Muda?

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Menpar Arief blusukan ke situs Gunung Padang, Cianjur
Foto: ROL/Santi Sopia
Menpar Arief blusukan ke situs Gunung Padang, Cianjur

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Di area pintu masuk Situs Megalitikum Gunung Padang yang berlokasi di Cianjur, terdapat sebuah sumur keramat yang mengeluarkan mata air. Konon, air dari sumur tersebut juga bisa membuat siapapun yang meminumnya awet muda.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh koordinator juru kunci pengelola Situs Gunung Padang Nanang yang mengatakan bahwa air sumur itu memiliki banyak kegunaan.

"Sudah diteliti, salah satunya oleh ITB dan hasilnya mengandung PH 42 di mana itu lebih tinggi dari air mineral biasa," kata Nanang, belum lama ini.

Dikarenakan air yang bisa langsung diminum itu diketahui bisa menyembuhkan beragam penyakit, maka mitos yang menyebutkan bahwa air ini bisa membuat awet muda itu sah saja disematkan pada air ini.

"Sebetulnya bisa membuat awet muda bukan mitos, itu benar adanya karena memang bisa mengeluarkan bibit-bibit penyakit. Bisa diminum atau diusapkan ke wajah," katanya.

Diketahui pula air yang berada di dalam sumur dengan usia lebih tua dari Situs Gunung Padang ini ternyata mengalir melalui lorong bawah tanah. Lebih unik lagi, air ini selalu mengalir di musim apapun. "Bahkan pada musim kemarau juga air mengalir, tidak pernah berkurang," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement