Ahad 23 Nov 2014 16:06 WIB

Punden Berundak Situs Gunung Padang, Singgasana Raja?

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat
Foto: ROL/Santi Sopia
Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Situs Gunung Padang atau yang diresmikan dengan nama punden berundak dalam ilmu arkeologi ini merupakan situs terbesar se Asia Tenggara. Punden berundaknya ada yang bebentuk persegi panjang, meupun balok dengan aneka ukiran ataupun relief.

Sementara itu, bentuk luas area situs yang dikelilingi punden berundak ini, sedikitnya memiliki dua lahan yang berlokasi di atas dan bawah.

"Nah undukan yang di atas ini diindikasikan untuk tempat duduk atau singgasana raja atau ratu, pokoknya pemimpin masyarakat," kata Koordinator juru kunci Situs Gunung Padang Nanang, belum lama ini ditemui oleh Republika.

Sebab bentuk undukan batu yang diduga untuk tempat duduk itu menurut Nanang memang seperti kursi. "Yang jelas seperti singgasana pemimpin atau tokoh yang menggelar musyawarah dengan masyarakat," kata dia.

Maka bila dugannya benar, semakin memperkuat bahwa situs memiliki filosofi kegotongroyongan sangat tinggi. a pun menambahkan, bahwa pada saat itu masyarakat berkumpul di area lahan sebelah bawah dari singgasana.

"Sementara rakyat berkumpulnya di area lahan bawah untuk mendengarkan raja yang duduk di atas," kata Nanang.

Kendati begitu, Nanang kembali menegaskan, itu baru dugaan, sementara penelitian lebih lanjut telah dikerahkan para peneliti. "Sudah dan akan dilanjutkan penelitiannya oleh para arkeolog, astronom, dan banyak lagi," ujar dia.

Sebagai informasi, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Wagub Jabar Deddy Mizwar juga baru saja mengunjungi situs ini, beberapa waktu lalu. CR05

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement