Jumat 21 Nov 2014 13:03 WIB

Hah, Ada Timbunan Emas di Situs Gunung Padang?

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Menpar Arief Yahya dan Wagub Jabar Blusukan ke Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa-Barat
Foto: ROL/Santi Sopia
Menpar Arief Yahya dan Wagub Jabar Blusukan ke Situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa-Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar turut menghadiri acara kunjungan Menteri Pariwisata Arief Yahya ke situs purbakala Gunung Padang Cianjur Jawa Barat, Kamis (20/11) kemarin.

Dia menanggapi beberapa isu yang sempat mencuat soal situs ini. Seperti terkait harta karun atau timbunan emas yang terdapat di bawah situs ini, misalnya.

"Kalau isu, legenda boleh saja, tapi melalui penelitian objektifnya harus terus dibuktikan," kata Deddy pada Republika.

Menurutnya, situs ini tidak hanya telah menarik peneliti nasional tetapi juga dunia. "Akan tetapi kalau kumpulan hipotesa soal timbunan emas itu belum, karena penelitiannya belum selesai," katanya.

Dia juga menjelaskan, harta karun situs ini yakni undukan batu yang terdapat di area Gunung Padang sendiri. "Ini maha karya nenek moyang kita lah sebagai harta karunnya," kata dia.

Akan tetapi, lanjut dia, harta karun ini juga harus terus dipoles atau dikembangkan bahkan disiapkan menjadi situs kelas dunia.

"Kita sudah gandeng Kementerian UKM, Kesra, PU, ekonomi kreatif dan semua pihak agar intinya bagaimana menekan situs ini menjadi kelas dunia," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement