Jumat 21 Nov 2014 12:02 WIB

Situs Gunung Padang, Ibarat Borobudur yang Berantakan?

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Menpar Arief blusukan ke situs Gunung Padang, Cianjur
Foto: ROL/Santi Sopia
Menpar Arief blusukan ke situs Gunung Padang, Cianjur

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Arkeolog Universitas Indonesia Ali Akbar berpendapat, situs Gunung Padang yang berada di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, ibarat candi Borobudur yang masih berantakan.

"Borobudur saja dulunya sebelum dilakukan pemugaran oleh Belanda, masih belum menarik," ujar Ali saat menemani Menteri Pariwisata Arief Yahya mengunjungi situs purbakala Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat, Kamis (20/11).

Ali melanjutkan, bila situs ini juga dilakukan ekskavasi atau pemugaran lebih lanjut, maka berpotensi semakin berkembang baik dari sisi ekonomi maupun ilmu pengetahuan.

"Sebetulnya situs ini sama dengan Borobudur sudah ditemukan sejak dulu, namun rupanya Hindia Belanda terlalu fokus pada Borobudur," lanjutnya.

Akan tetapi, Ali kembali menjelaskan, situs ini bisa sejajar bahkan unggul dari candi Borobudur (Yogyakarta). "Saya berharap Pemerintah tidak berhenti mendukung pemugaran lebih lanjut pada situs ini," katanya.

Dia juga menambahkan, beberapa peneliti sudah punya rencana besar untuk mengembangkan situs ini. "Dari peneliti mekanik, sipil, geologi dan sebagainya, kita sudah punya rencana bahkan untuk seribu tahun ke depan agar situs ini semakin dilirik sebanyak mungkin manusia," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement