Jumat 21 Nov 2014 08:54 WIB

Pemprov akan Jadikan Gunung Padang Wisata 'Kelas Dunia'

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hazliansyah
Menpar Arief blusukan ke situs Gunung Padang, Cianjur
Foto: ROL/Santi Sopia
Menpar Arief blusukan ke situs Gunung Padang, Cianjur

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemprov Jabar, akan menjadikan Gunung Padang sebagai objek wisata world class. Karena, kalau penelitian Gunung Padang ini selesai, bisa menguak banyak misteri. Bahkan, mengubah sejarah peradaban dunia.

''Pemprov akan menjadikan Gunung Padang sebagai sesuatu yang world class,'' ujar Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar belum lama ini. 

Menurut Deddy, pemerintah akan tetap mendorong Gunung ini sebagai sesuatu yang world class. Namun, untuk menjadikan Gunung Padang world class, perlu infrastruktur yang mendukung.

Sementara itu, saat melakukan kunjungan ke Gunung Padang, Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya, mengatakan situs ini merupakan Maha Karya manusia. Karena, situs ini memiliki potensi dan daya tarik wisata yang sangat menarik. Arief mengatakan bahwa Gunung Padang dapat dikategorikan sebagai Maha Karya buatan manusia. 

Menurut Arief, Ia dengan Meko Kemaritiman sudah berdiskusi selama dua jam. Keduanya meyakini bahwa Gunung Padang adalah man made atau buatan manusia. 

''Kalau ini buatan manusia bisa dikategorikan sebagai maha karya,'' katanya.

Arief menjelaskan, bila hal tersebut maha karya, maka situs ini memiliki filosofis dan potensi wisata yang tinggi, serta mencakup berbagai macam ilmu pengetahuan seperti Arkelogi, Geologi, dan lainnya.

Nantinya, kata dia, Gunung Padang akan dijadikan sebagai destinasi wisata yang menjadi bagian dari Great Jakarta. 

Pemerintahan Jokowi-JK, akan tetap memberikan komitmennya dalam hal pendanaan untuk penelitian dan mempunyai rencana restorasi atau pemugaran situs yang berusia lebih dari 5.000 SM ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement