Kamis 20 Nov 2014 16:41 WIB

Ternyata Pizza Mengandung Gizi Lengkap Lho

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Pizza (ilustrasi)
Foto: independent.co.uk
Pizza (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan Pizza memang menyenangkan. Kita bisa menikmati roti yang berpadu dengan daging, sayuran, keju dan saus. Sungguh lezat dan menggugah selera.

Tahukah Anda, pizza itu mengandung gizi lengkap. Mau tahu gizi apa saja yang terkandung didalamnya? Menurut Ahli Gizi dari RSCM, Rahmi Dwi Hapsari, S.Si.T, S.Gz, pizza mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, air dan mineral.

Karbohidrat dalam pizza terdapat pada tepung yang kemudian diolah menjadi roti untuk pizza. Sedangkan lemak terdapat dalam daging yang biasa dijadikan topping diatas pizza. Juga terdapat pada margarin atau mentega yang digunakan.

Begitu pula dengan protein yang bisa didapat dari ikan, keju, sosis, dagung dan ayam. Pizza juga mengandung vitamin, air dan mineral yang biasa terdapat dalam sayur-sayuran.

Menurut Dwi Hapsari, bila ingin membuat sendiri pizza di rumah, bisa memilih topping yang lengkap gizinya. Selain sudah pasti tepung atau roti untuk pizzanya, kita bisa memilih daging giling, keju, dan sosis ayam. Bisa juga pilih ikan.

Untuk sayuran, ia menyarankan selain paprika bisa diganti dengan wortel, buncis, timun, jamur, jagung atau brokoli. "Kalau paprika rasanya agak pedas, anak-anak kurang begitu suka," tambahnya disela acara Pizza Maker Junior yang diselenggarakan Pizza Hut dan PHD di Jakarta, Kamis (20/11).

Selain itu, yang terpenting jika membuat pizza untuk anak adalah dalam memilih saus. Pergunakanlah saus tomat agar anak tidak merasa pedas yang berlebihan. "Sausnya kalau bisa buat sendiri tanpa penyedap," sarannya.

Dwi memaparkan lebih lanjut, karena gizinya yang lengkap ini, pizza layak diberikan kepada anak sebagai pengganti makanan utama. Misalnya pengganti sarapan, makan siang atau makan malam. Untuk anak sekolah dasar, dalam sehari satu slice pizza sudah cukup karena mengandung sekitar 600 sampai 800 kalori.

"Menu pizza ini bisa diberikan seminggu dua kali. Namun ada yang perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi pizza pun harus diselingi dengan salad atau jus buah," ujarnya.

Saat mengonsumsi pizza, ia menyarankan sebaiknya dibarengi dengan konsumsi buah dalam bentuk salad atau jus buah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement