Kamis 20 Nov 2014 12:10 WIB

Menpar: Situs Gunung Padang Bikin Penasaran

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Menpar Arief blusukan ke situs Gunung Padang, Cianjur
Foto: ROL/Santi Sopia
Menpar Arief blusukan ke situs Gunung Padang, Cianjur

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Menteri Arief Yahya melakukan kunjugan kerja ke situs megalitikum Gunung Padang Cianjur hari ini. Kunjungan ini dikatakan sebagai salah satu kegiatan mempromosikan situs Gunung Padang ke seluruh nusantara.

"Gunung Padang ini sudah punya filosofi tinggi, tinggal nilai ekonominya yang digenjot," ujar Arief Yahya dalam sambutan di areal situs Gunung Padang Cianjur, Kamis (20/11).

Dia melanjutkan, filosofi luar biasa itu seperti bentuk undukan batu, salah satunya yang berbentuk khas seperti piramida. "Kalau ekonominya tidak digenjot, barangkali yang menganggap luar biasa hanya para arkeolog, akademisi, antrolog, para doktor," kata dia.

Tetapi, bila ekonominya digenjot, akan banyak warga Indonesia yang tertarik mengunjungi situs ini. "Saya optimis setelah kita gencarkan promosi, akan semakin banyak yang penasaran akan situs bersejarah ini," katanya.

Koordinator pengelola situs Gunung Padang Nanang juga menambahkan, filosofi tinggi dari situs ini harus lebih diketahui masyarakat lebih luas. "Walaupun memang beberapa daerah sudah tahu, internasional juga, namun yang belum tahu itu hanya menganggap undukan batu biasa," katanya.

Padahal menurut dia, bila dianalisis lebih lanjut, undukan situs Gunung Padang memiliki filosofi tinggi. "Yang berpikir panjang, kita akan bertanya bagaimana membangun undukan batunya, memakai teknologi apa, maksudnya apa, untuk apa dan lainnya," tambah dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement