Kamis 20 Nov 2014 10:12 WIB

Menpar dan Wagub Jabar 'Blusukan' ke Situs Gunung Padang

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar
Foto: ROL/Santi Sopia
Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengunjungi situs megalitikum Gunung Padang Cianjur, hari ini. Dia datang sekitar pukul sembilan pagi bersama rombongan jajaran kepemerintahan Jawa Barat.

Sesaat setelah sampai, Deddy Mizwar langsung menyantap jajanan khas Jawa Barat. "Ini merupakan kedatangan kelima kalinya," ujar Deddy pada Republika di Cianjur, Kamis (20/11).

Sekitar pukul sepuluh pagi, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga direncanakan akan mengunjungi situs Gunung Padang dalam rangka kunjungan kerja kementerian untuk meninjau beberapa tempat wisata Indonesia.

Setelah selesai melakukan kunjungan acara ke situs Gunung Padang ini, Arief Yahya akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sekitar pukul dua siang.

Sebagai informasi, Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Lokasi dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan WarungKondang, di jalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Bentuk situs ini, berupa undukan bangunan, menyerupai bukit berundak yang dapat dilalui langkah demi langkah.

Menurut koordinator pengelola situs ini Nanang, situs ini merupakan peninggalan nenek moyang yang luar biasa. "Karena selain memiliki nilai sejarah dan filosofi tinggi, ukiran bebatun, relief dan undukan batu di sini disinyalir menggunakan teknologi tinggi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement