Rabu 19 Nov 2014 12:19 WIB

Ini Kriteria Destinasi yang Dapat Masuk Program 'Great Jakarta'

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat blusukan ke Batavia Marina, Kamis (13/11)
Foto: ROL/Winda Destiana
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat blusukan ke Batavia Marina, Kamis (13/11)

REPUBLIKA.CO.ID, PUNCAK, JAWA BARAT -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tengah menyiapkan konsep pemasaran destinasi pariwisata satu kota, yang didalamnya turut menyertakan potensi pariwisata kota sekitarnya.

Untuk tahap pertama Kemenpar menyiapkan "Great Jakarta" yang juga memasarkan destinasi-destinasi di kawasan Puncak dan Banten.

Namun apa sebenarnya kriteria kota sekitar yang bisa dijual bersamaan dengan satu kota tertentu?

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, syarat pertama adalah waktu tempuh yang dibutuhkan wisatawan tidak lebih dari dua jam.

"Berdasarkan riset, perjalanan dua jam masih dianggap suasana lokal. Tapi kalau dari kota utama waktu tempuhnya lebih dari itu, agak berat," kata Arief Yahya saat melakukan kunjungan ke Taman Wisata Matahari, Selasa (18/11).

Selanjutnya, taman wisata atau tempat rekreasi tersebut harus memenuhi standar usaha yang telah ditetapkan. Dengan begitu keamanan dan kenyamanan wisatawan, terutama wisman dapat terpenuhi.

"Potensi pariwisata kita mencapai angka 80, tapi kita lemah di pemasaran. Semoga konsep ini dapat direspons dengan baik oleh agen wisata," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement