Rabu 12 Nov 2014 13:47 WIB

Begini Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak (1)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Tahap pertama menyiapkan dana pendidikan anak dimulai dengan memilih dulu sekolah mana yang diinginkan orang tua dan anak sebagai tempat pendidikan anak.
Foto: Reuters
Tahap pertama menyiapkan dana pendidikan anak dimulai dengan memilih dulu sekolah mana yang diinginkan orang tua dan anak sebagai tempat pendidikan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki anak dengan usia masuk sekolah yang bersamaan terkadang membuat orang tua pusing mempersiapkan dana pendidikannya. Misalnya dua orang anak yang duduk di kelas TK B dan kelas 5 SD. Tahun depan orang tua harus membayar uang pangkal untuk anak-anak yang akan masuk SD dan SMP bersamaan, dan selanjutnya enam tahun kemudian untuk masuk SMP dan universitas.

Oleh karena itu, mempersiapkan dana sedini mungkin sangat dianjurkan. Simak beberapa tips menyiapkan dana pendidikan dari Financial Planner Head, One Shildt Financial Planning, Agustina Fitria Aryani, SSi CFP AEPP QWP.

Pertama, tentukan tujuan sekolah anak sampai dengan tingkat universitas. Sekolah negeri dengan kualitas bagus dan biaya yang rendah sangat diidamkan, namun perlu juga untuk mempersiapkan kondisi jika anak harus masuk ke sekolah swasta dengan biaya yang lebih mahal. Ajak anak berdiskusi dalam menentukan tujuan sekolah terutama untuk tingkat universitas yang membutuhkan biaya paling besar dan sedapat mungkin sesuai dengan minat anak.

Kedua, lakukan survei biaya (terutama uang pangkal untuk SD-SMA dan semua jenis biaya untuk universitas). Jika ada beberapa alternatif sekolah dengan jenis kurikulum yang serupa maka gunakan biaya rata-rata. Namun tidak menutup kemungkinan jika orang tua ingin menggunakan biaya sekolah yang termahal sebagai target untuk memacu kenaikan penghasilan (umumnya dilakukan oleh para entrepreneur atau freelancer).

Ketiga, perkirakan biaya yang harus disiapkan nanti dengan asumsi kenaikan biaya 10 persen sampai 20 persen per tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement