Sabtu 11 Feb 2023 19:02 WIB

Biaya Pendidikan Terus Naik, Bagaimana Menyiapkannya?

Menyiapkan dana pendidikan anak perlu sedini mungkin.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Unit usaha PT Bank Jago Tbk yakni Jago Syariah menggelar Talkshow Jago Investasi Pendidikan Anak dengan Amanah di Jakarta, Sabtu (11/2/2023)
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Unit usaha PT Bank Jago Tbk yakni Jago Syariah menggelar Talkshow Jago Investasi Pendidikan Anak dengan Amanah di Jakarta, Sabtu (11/2/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai orangtua baru dan berencana memiliki anak, salah satu yang perlu disiapkan yakni menyiapkan dana pendidikan. Pakar perencana keuangan, Rista Zwestika mengatakan, dalam menyiapkan dana pendidikan anak perlu sedini mungkin karena biaya pendidikan terus meningkat.

"Kalau kita lihat, kenaikan biaya pendidikan itu bisa 10 sampai 20 persen per tahun," kata Rista saat ditemui di Jakarta, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga

Untuk menyiapkannya, Rista membagikan tips agar pendidikan anak nantinya tetap terjamin dan dapat menghindari putus sekolah. Berikut langkahnya:

1. Buat kesepakatan dengan pasangan

Sebagai orangtua baru perlu membahas sejak awal dengan pasangan masing-masing untuk menentukan pendidikan bagi anak. Dalam tahap ini bisa membahas pendidikan yang akan diberikan kepada anak untuk jangka pendek, menengah, atau panjang.

2. Lakukan survei

Setelah menentukan rencana pendidikan dengan pasangan, lakukan survei sekolah yang cocok. Dalam hal ini, orangtua tidak perlu gengsi dengan lingkungan tapi pilih sekolah yang sesuai dengan pendapatan.

3. Menghitung tabungan pendidikan anak dan mitigasi

Setelah melakukan survei dan mengetahui biaya pendidikan anak, maka pasangan perlu menghitung pendapatan yang dimiliki. Lalu dapa menentukan kapan memulai menyiapkan dananya dan menentukan persentase yang tepat sesuai pendapatan dan jangka waktu merencanakan biaya pendidikan. Selain itu juga juga menyiapkan mitigasi dana darurat karena keuangan rumah tangga tidak hanya untuk biaya pendidikan anak saja.

4. Memilih investasi yang tepat

Salah satu pilihan untuk mendukung dalam menyiapkan dana pendidikan anak yaitu investasi. Jika orangtua ingin menyiapkan dana pendidikan anak melalui investasi, maka harus memilih investasi yang likuid atau yang mudah dicairkan kapanpun seperti salah satunya deposito.

5. Tingkatkan literasi keuangan

Literasi keuangan menjadi salah satu kemampuan yang perlu dimiliki setiap orangtua baru. Hal itu sangat membantu dalam mengatur keuangan hingga merencana dana pendidikan anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement