Selasa 04 Nov 2014 21:15 WIB

Sapta Nirwandar Sarankan Menpar Genjot Wisata Sungai

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf), Sapta Nirwandar
Foto: Antara
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf), Sapta Nirwandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Wakil Menteri Pariwisata Sapta Nirwandar menyarankan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk menggarap wisata sungai sebagai tujuan rekreasi ataupun olahraga.

"Sungai ini bisa untuk wisata air, rekreasi, hingga wisata olahraga," kata Sapta Nirwandar di Jakarta, Selasa.

Lebih jauh ia melihat sungai sebagai pusat dan sumber kebudayaan yang sangat potensial untuk digarap sebagai destinasi wisata.

Selain itu sungai juga bisa digarap dari sisi lingkungan sebagai upaya pelestarian yang berawal dari pengembangan program pariwisata.

"Dari sini kita bisa melihat manfaat pariwisata untuk pelestarian lingkungan," katanya.

Menurut Sapta, sulit untuk mendorong masyarakat dalam melestarikan lingkungan termasuk sungai bahkan melalui peraturan dengan sanksi yang berat sekalipun.

Namun jika upaya itu dibarengi dengan program pengembangan pariwisata, maka mendorong masyarakat untuk melakukannya cenderung lebih mudah karena justru akan tercipta kesadaran bersama.

"Menteri Pariwisata harus banyak membaca dan mendengarkan, mempelajari pencapaian-pencapaian pariwisata selama ini," katanya.

Sampai sejauh ini, sudah banyak terobosan sport tourism yang Sapta kembangkan selama menjadi birokrat di Kementerian Pariwisata.

Sejumlah wisata air yang dikembangkannya di antaranya Musi Triboaton di Palembang, Festival Danau Toba, Festival Danau Singkarak, Festival Danau Sentani, dan lain-lain.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement