Selasa 04 Nov 2014 17:11 WIB

Konsumsi Teh Masyarakat Jabar Masih Sangat Rendah

Aneka macam teh.
Foto: Raisan Al Farisi/Republika
Aneka macam teh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Perkebunan Provinsi Jabar mencatat tingkat konsumsi teh masyarakat di Jabar masih rendah mencapai 3,5 gram teh dibandingkan dengan sejumlah negara lain di Eropa yang mencapai 2 kg per kapita setiap tahun.

"Berdasarkan data, masyarakat di Jabar hanya mengonsumsi 3,5 gram teh saja per kapita per tahun, berbeda jauh dengan di negara-negara Eropa mencapai 2 kilogram," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jabar Arief Santosa saat menggelar acara Bandung Tea Festival di Gedung Sate, Bandung, Selasa (4/11).

Ia menuturkan, pihaknya terus berusaha meningkatkan konsumsi teh di Jabar dengan melakukan sosialisasi manfaat teh melalui berbagai kegiatan seperti menggelar Bandung Tea Festival. Provinsi Jabar juga, lanjut dia, menargetkan konsumsi teh di Jabar mencapai 1,5 kg per kapita per tahun.

"Konsumsi teh pada masyarakat Jabar dapat terus ditingkatkan hingga mencapai 1,5 kilogram per kapita per tahunnya," kata Arief. Ia berharap, melalui berbagai acara sosialisasi termasuk festival teh Bandung ke-11 itu untuk menginformasikan perkembangan teh yang khususnya berasal dari Jabar.

Selain itu, lanjut dia, sekaligus mengajak masyarakat untuk membudayakan minum teh yang nantinya akan meningkatkan konsumsi teh. Ia mengungkapkan, Provinsi Jabar merupakan penghasil komoditas teh terbesar di Indonesia dengan kontribusi sebesar 72 persen pasokan teh nasional.

"Banyaknya produksi teh di Jabar, masyarakat pun harus ikut menikmati khasiat teh yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan," katanya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Wawan Ridwan usai membuka Bandung Tea Festival mendukung penyelenggaraan festival teh yang berlangsung hingga 6 November 2014.

Pemerintah Provinsi Jabar, kata Wawan, akan bekerjasama dengan pemerintah kota/kabupaten serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sebagai upaya meningkatkan konsumsi teh di Jabar. "Nanti di hotel-hotel itu akan ada 'welcome drink' dengan minum teh, kemudian nanti souvenirnya juga dengan teh yang dikemas menarik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement