Rabu 05 Nov 2014 12:00 WIB

Mau Gaji Awet? Ini Tipsnya (1)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Supaya hemat, jangan pernah pergi belanja dalam keadaan perut lapar.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Supaya hemat, jangan pernah pergi belanja dalam keadaan perut lapar.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat gajian merupakan waktu yang paling ditunggu siapa saja. Namun, saat itu juga waktunya untuk membayar cicilan rumah, mobil, kartu kredit atau cicilan lainnya. Alhasil, kocek pun mengering di pertengahan dan akhir bulan. Jangankan untuk belanja di tanggal tua, untuk sekedar bertahan hidup dan menunggu gajian berikutnya sangat berat.

Jangan khawatir, Perencana Keuangan Independen, Pandji Harsanto CFP memiliki trik jitu. Trik tersebut dibaginya menjadi enam untuk memudahkan Anda menjalani dan mematuhinya. 

Pertama,

Siapkan pos-pos pengeluaran. Setelah menerima gaji di awal bulan, belilah beberapa amplop kertas, kemudian tulislah beberapa pos kebutuhan selama satu bulan,

Bagi ke dalam tiga bagian amplop besar terdiri dari satu amplop cicilan, satu amplop untuk tabungan bulanan atau investasi bulanan dan satu amplop belanja barang dan jasa opersional bulanan. Isilah amplop-amplop tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kedua,

Buat daftar belanja sebelum pergi ke pasar atau supermarket. Ini sangat membantu kita mengingat barang yang akan dibeli sekaligus menjadi panduan saat belanja. “Jangan beli barang yang tidak ada dalam daftar,” sarannya.

Ketiga,

Hindari belanja pada saat lapar. Supermarket biasanya menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan termasuk hidangan siap saji. Pastikan saat Anda berbelanja perut sudah terisi dari rumah. Pasalnya semua makanan yang ada di kaca display itu sangat terlihat enak dan pasti Anda membelinya dalam jumlah yang berlebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement