Selasa 04 Nov 2014 08:07 WIB

Tips Ini Buat Rasa Masakan Lebih Baik (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat rasa masakan jadi lebih lezat.
Foto: Prayogi/Republika
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat rasa masakan jadi lebih lezat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sentuhan-sentuhan kecil terkadang membuat perbedaan besar ketika Anda berada di dapur. ROLers, berikut adalah beberapa tips sederhana untuk mempersiapkan masakan, proses memasak, dan menyiapkan bumbu yang membuat rasa masakan Anda lebih baik dari lainnya, dilansir dari Test Kitchen New Family Cookbook oleh Life Hacker, Selasa (4/11).

1. Jangan iris bawang merah dan bawang putih di awal

Mencacah atau mengiris bawang putih dan bawang merah ketika pertama kali menyiapkan bumbu di dapur adalah satu kesalahan awal. Bawang mengeluarkan bau yang tajam dan rasa yang kuat. Jadi, potonglah bawang itu di  menit terakhir ketika Anda ingin memulai memasak di wajan. Pastikan untuk membilas mereka secara menyeluruh sebelum mencacahnya.

2. Jangan masukkan biji tomat

Masuknya biji tomat ke dalam masakan akan merusak cita rasa hidangan Anda. Jadi, jika Anda menggunakan tomat untuk masakan, pastikan untuk membuang bijinya.

3. Minyak, mentega dan kacang-kacangan harus tetap segar

Lemak dalam mentega, minyak, dan kacang-kacangan bisa saja berbau tengik dan membuat rasa masakan Anda menjadi buruk. Hindari kontak langsung ketiga jenis lemak itu dengan oksigen dan cahaya. Jadi jika Anda menyimpannya di dapur, maka usahakan di tempat yang gelap.

4. Tunggu minyak benar-benar panas

Suhu wajan ketika memasak akan menentukan rasa makanan. Jadi, jangan buru-buru memasukkan gorengan atau makananmu ke dalam wajan yang belum cukup panas. Tunggu minyak sampai panas, baru Anda memasak. Ketika memasak protein, tunggu sampai Anda melihat asap naik dari minyak atau ada gelembung udara.

5. Jangan buang kerak minyak

Ketika Anda menggoreng  makanan, biasanya ada tersisa seperti kerak kecoklatan di wajan atau panci. Nah, jangan membuangnya. Jika Anda mau, cobalah siramkan kaldu ayam atau daging lalu aduk dengan sendok kayu misalnya, maka kerak itu akan terkikis dengan mudah, bahkan Anda bisa menikmatinya menjadi saus, sup, atau semur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement