Kamis 30 Oct 2014 22:02 WIB

Trio Hip Hop 'Young Fathers' Raih Mercury Prize 2014

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Indah Wulandari
young fathers
Foto: bbc
young fathers

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--Trio beraliran hip-hop Young Fathers membuat panggung musik terkejut. Grup musik asal ibukota Skotlandia, Edinburgh itu berhasil memenangkan penghargaan musik bergengsi di Inggris Raya, Mercury Prize 2014. 

Grup yang digawangi Graham 'G' Hastings, Alloysius Massaquoi dan Kayus Bankole itu dinobatkan sebagai juara dalam kategori album terbaik. Album bertajuk 'Dead' mengalahkan 11 album lain yang masuk nominasi.

 "Kami selalu ingin membuat sesuatu yang lebih besar dari kota yang kami tinggali," kata Hastings seperti dilansir BBC, Kamis (30/10). 

Kesuksesan Young Fathers terbilang mengejutkan. Sebab, album milik Damon Albam, Bombay Bicycle Clum dan FKA Twigs sebelumnya lebih difavoritkan untuk memenangi Mercury Prize tahun ini. Berkat prestasi ini, Young Fathers berhak membawa pulang hadiah uang sebesar 20 ribu poundsterling. 

Salah satu anggota panel juri, Simon Frith, mengatakan, Young Fathers pantas menjadi pemenang berkat musiknya yang unik.

 "Young Fathers memiliki corak yang unik dalam musik British urban. Musik mereka penuh ide dan sulit ditebak," ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement