Rabu 29 Oct 2014 13:01 WIB

Wali Kota Bandung di Balik Kesuksesan Museum Tsunami Aceh

Museum tsunami Aceh
Foto: ROL/Winda Destiana
Museum tsunami Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Di balik kemegahan Museum Tsunami Aceh, ternyata ada nama Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Hal ini seperti dikatakan oleh Raihal Fajriah, pemandu wisata di museum tersebut bahwa desain bangunan dan konsep murni buatan Wali Kota Bandung yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

"Secara konsep yang dipilih memang karya Pak Ridwan Kamil. Bentuk, warna serta filosofis bangunan ini sesuai dengan kejadian Tsunami 10 tahun silam," katanya ketika ditemui Republika belum lama ini di Banda Aceh.

Lebih lanjut ditambahkan pula olehnya, bangunan yang terdiri dari empat lantai ini bukan sebagai tempat belajar atau mengenang tragedi tsunami 10 tahun silam, namun juga sebagai tempat evakuasi.

"Jika sewaktu-waktu tsunami melanda Aceh, warga bisa mengevakuasikan diri mereka di lantai atas museum ini," katanya menjelaskan.

Untuk mengenang dahsyatnya bencana tsunami yang melanda Aceh 10 tahun silam, pemerintah RI bersama dengan pihak terkait membangun sebuah museum. Konsep awal dari Museum Tsunami Aceh ini adalah sebagai tempat penyimpanan dokumentasi yang terkait bencana tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement