Kamis 23 Oct 2014 11:00 WIB

Anak Sehat, Kunci Persaingan SDM Masa Depan

Rep: CR05/ Red: Indira Rezkisari
Anak sehat/ilustrasi
Foto: supermomcentral.blogspot.com
Anak sehat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunci persaingan antar bangsa menurut dr Kartono Muhammad adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat. "Kita boleh punya Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, tapi lihat sekarang dikuasai asing semua," ujar Kartono di Jakarta, kemarin (22/10).

Oleh karena itu, persaingan di masa mendatang bukan lagi soal SDA, melainkan persaingan kualitas SDM. "Kita bisa contoh beberapa negara yang minim SDA tetapi mampu bersaing global seperti Jepang," kata dia.

Untuk mewujudkan SDM yang berkualitas itu hemat Kartono, tidak cukup hanya dengan menerapkan pola-pola pendidikan canggih. Melainkan menyiapkan SDM yang sehat.

"Kalau di pabrik ibarat bahan baku jelek, diolah mesin secanggih apapun tetap tidak akan bagus hasilnya. Begitu juga manusia, diterapkan pola didik secanggih apapun untuk memajukan kualitas, tidak akan berhasil jika SDM nya tidak sehat atau kurang gizi misalnya," kata dia.

Sebab menurut dia, cara belajar SDM tersebut akan sangat terganggu bila kondisi tubuhnya tidak sehat. "Caranya bentuk pola hidup sehat sejak dini untuk anak-anak. Kalau dari kecil sudah sehat, itu dewasanya akan pintar," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement