Kamis 23 Oct 2014 10:30 WIB

Bangun Pagi Banyak Manfaatnya, Apa Saja? (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Bangun pagi hari membuat tubuh lebih segar.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Bangun pagi hari membuat tubuh lebih segar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangun lebih awal di pagi hari adalah kunci mendapatkan kualitas hidup yang positif dan bahagia. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang sukses adalah mereka yang rajin bangun pagi.

Bangun pada waktu subuh setiap hari misalnya, mungkin menjadi hal yang kejam bagi sebagian orang, namun hasil yang didapatkan akan sepadan dengan usaha.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu rajin bangun pagi, meski di akhir pekan sekalipun, dilansir dari Womanitely, Kamis (23/10).

1. Ibadah

Bagi Muslim, bagun pagi adalah kewajiban untuk melaksanakan shalat subuh. Anda pun tidak hanya sekadar shalat saja, melainkan bisa melanjutkannya dengan mengaji, berdzikir, atau berdoa lebih kushyuk kepada Sang Pencipta. Ibadah bisa juga digunakan untuk mengevaluasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Meditasi atau yoga

Meditasi dan yoga di pagi hari memberi dorongan energi yang cepat dan membantu Anda membersihkan pikiran Anda. Kami percaya yoga dan olah raga teratur adalah cara pasti untuk memperpanjang usia, memperlambat penuaan, dan menyehatkan badan. Pilihan olah raga di pagi hari diantaranya bersepeda, berenang, atau sekadar jogging.

3. Mandi

Mandi pagi adalah kunci untuk merangsang otak dan meningkatkan suasana hati. Sebagian besar orang sangat susah mandi sebelum pukul 06.00 WIB. Namun percayalah, mandi pagi itu menyenangkan terutama ketika Anda merasakan percikan tajam air ke tubuh. Anda akan memberikan tubuh Anda aroma segar air pagi dan memberi lebih banyak waktu untuk membersihkan kulit Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement