Selasa 21 Oct 2014 09:34 WIB
Kesehatan

Benjolan di Kepala, Apakah Berbahaya?

.
Foto: Prayogi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, ada benjolan kecil di belakang kepala bagian sebelah kiri. Apabila disentuh benjolan ini akan terasa sakit, mengakibatkan saya pusing. Apakah ini berbahaya? Bagaimana mengatasinya?

Dwi Retno Asih (18 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Adik Retno, benjolan di belakang kepala, bisa berasal dari kulit, jaringan bawah kulit, kelenjar getah bening atau tulang. Bila benjolan masih dapat digerakkan dari dasarnya, kemungkinan besar bukan berasal dari tulang atau setidaknya benjolan tidak menempel pada tulang.

Dalam hal ini, bila benjolan yang menyebabkan rasa nyeri bisa disebabkan karena ada infeksi atau kondisi dari keberadaan benjolan tersebut sudah menekan saraf. Sebaiknya diperiksakan langsung untuk dapat melihat kondisi dan kendala yang terkait agar dapat ditangani sesuai.

Nantinya juga akan dilihat riwayat penyakit serta melihat apakah kondisi tersebut sudah berlangsung lama atau bersifat temporal, karena benjolan dikepala menjadi indikasi dari berbagai kondisi medis, dan kewaspadaan dalam melakukan evaluasi atas hal yang terdapat di kepala kita menjadi penting.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga dapat menjelaskan, salam sehat.

dr Wita Sukmara, SpB

Spesialis Bedah Umum di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement