Selasa 21 Oct 2014 09:21 WIB

Ini Alasan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Orang yang mencintai diri sendiri akan telihat lebih indah.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Orang yang mencintai diri sendiri akan telihat lebih indah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencintai diri sendiri itu berbeda dengan narsisme atau egoisme. Cinta itu adalah memberi dan menerima, dan jika Anda bisa memberi perhatian dan simpati kepada diri sendiri, kemungkinan besar Anda bisa memberikannya kepada orang lain juga.

Cinta itu berkembang ketika kita memberikannya pada orang lain. Namun, cinta itu selalu dimulai dengan kata 'saya.' Saya adalah satu-satunya yang yang bertanggung jawab atas hidup saya, sehingga saya tidak boleh abai pada diri sendiri.

ROLers, berikut adalah tujuh alasan mengapa Anda harus mencintai diri sendiri, dilansir dari Womanitely, Selasa (21/10).

5. Jika Anda mencintai diri sendiri, kehidupan keluarga Anda lebih baik

Ketika Anda mencintai diri sendiri, Anda tahu apa yang Anda dapatkan. Dalam kehidupan keluarga, Anda akan selalu menghormati pasangan Anda. Anda juga tak akan pernah merasa dikecilkan atau dianiaya. Ini sangat penting bagi kehidupan keluarga yang sehat.

6. Mencintai diri sendiri membuat anak-anak Anda bahagia

Anak-anak selalu mencoba menyalin orang tuanya, termasuk perilaku sopan santun, sudut pandang, dan semuanya. Kemampuan mencintai diri sendiri adalah sikap penting yang perlu dicontoh anak dari orang tuanya. Anak tidak mungkin memiliki sikap itu jika orang tua mereka tidak menunjukkannya.

Para peneliti membuktikan bahwa kesuksesan dan kebahagiaan anak sangat ditentukan oleh pengalaman yang dia terima di masa kecilnya. Itu sebabnya jika Anda mengajarkan anak-anak Anda untuk mencintai diri sendiri, maka Anda harus belajar untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

7. Ketika Anda mencintai diri sendiri, dunia di sekitar Anda berubah

Ketika kita jatuh cinta, segala sesuatu di sekitar kita menjadi lebih indah dan menarik. Jatuh cinta dengan diri sendiri tidak terkecuali. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat kehidupan dari perspektif lain, perspektif lebih baik. Tapi yang paling penting adalah bahwa semua perubahan ini adalah tentang persepsi Anda. Dengan demikian, Anda dapat memilih apakah Anda mencintai diri sendiri atau duniawi saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement