Selasa 21 Oct 2014 09:07 WIB

Ini Alasan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Orang yang mencintai diri sendiri akan telihat lebih indah.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Orang yang mencintai diri sendiri akan telihat lebih indah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencintai diri sendiri itu berbeda dengan narsisme atau egoisme. Cinta itu adalah memberi dan menerima, dan jika Anda bisa memberi perhatian dan simpati kepada diri sendiri, kemungkinan besar Anda bisa memberikannya kepada orang lain juga.

Cinta itu berkembang ketika kita memberikannya pada orang lain. Namun, cinta itu selalu dimulai dengan kata 'saya.' Saya adalah satu-satunya yang yang bertanggung jawab atas hidup saya, sehingga saya tidak boleh abai pada diri sendiri.

ROLers, berikut adalah tujuh alasan mengapa Anda harus mencintai diri sendiri, dilansir dari Womanitely, Selasa (21/10).

1. Ketika Anda mencintai diri sendiri, Anda menerima siapa Anda

Mencintai diri sendiri tidak berarti bahwa Anda harus berhenti memperbaiki diri. Mencintai diri sendiri penting karena memberikan rasa percaya diri. Dengan itu Anda menyadari bahwa Anda adalah diri Anda, satu-satunya, dengan semua keunikan, kualitas, dan potensi diri Anda.

Ketika Anda menerima siapa diri Anda, maka Anda tidak perlu memalsukan diri dengan mencontoh atau membandingkan diri dengan orang lain. Ini adalah perasaan kuat dan inspiratif.

2. Mencintai diri sendiri memberi rasa percaya diri

Kita semua tahu bahwa orang yang percaya diri itu karismatik. Orang lain senang berbicara dengan seseorang yang punya kepercayaan diri kuat. Orang yang mencintai diri sendiri lebih mungkin cepat mendapatkan pekerjaan bagus, promosi, bahkan lebih banyak teman dan pengagum.

3. Anda akan terhindar dari sikap menyalahkan diri sendiri

Menyalahkan diri sendiri, penuh kesedihan, dan rasa malu berlebihan adalah hal terburuk dari pengalaman hidup seseorang. Mencintai diri sendiri berarti Anda tak perlu cemas berlebihan atau depresi, apalagi menyiksa diri.

Dalam kasus misalnya, ada gadis yang terjebak dalam diet yang ketat dan berhasil menghilangkan berat badannya, namun sayangnya ia kemudian jatuh sakit. Pada akhirnya, dia harus ke dokter dan mendapat perawatan intensif. Ini adalah situasi yang mengerikan namun umum terjadi yang menunjukkan kurangnya rasa cinta pada diri sendiri.

4. Ketika Anda mencintai diri sendiri, Anda terlihat lebih indah

Ini sangat sederhana. Anda dapat fokus pada poin plus dari diri Anda, bukan melulu mengungkap kelemahan dan ketidaksempurnaan. Semua orang memiliki ketidaksempurnaan.

Sebagai contoh, saya bertubuh pendek, dan itu tidak akan pernah berubah. Namun, saya memiliki mata indah dan hati yang baik. Nah, ketika Anda menerima ketidaksempurnaan itu, justru Anda akan terlihat semakin indah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement