Jumat 17 Oct 2014 12:08 WIB

Film Soekarno Wakili Indonesia di Oscar Tahun Depan

Hanung Bramantyo (kiri).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Hanung Bramantyo (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film besutan sutradara Hanung Bramantyo berjudul 'Soekarno' menjadi salah satu film yang masuk nominasi di ajang Academy Awards alias Piala Oscar ke-87 tahun depan. Film tersebut masuk dalam kategori Best Foreign Language Film atau film berbahasa non-Inggris.

Film Soekarno akan bertarung dengan film-film dari seluruh dunia untuk memperebutkan satu dari lima tempat di nominasi final yang akan diumumkan pada Januari 2015.

Dikutip dari situs resminya, www.oscar.org, Soekarno telah tercatat sebagai salah satu kandidat dalam daftar lengkap peserta Best Foreign Language Film yang diterbitkan oleh Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS).

Ada 83 negara yang menjadi peserta Best Foreign Language Film dalam ajang Oscar 2015. Jumlah ini memecahkan rekor karena peserta paling banyak.  Tercatat, ada negara-negara yang baru pertama kali mengirimkan filmnya yaitu Kosovo, Malta, Mauritania, dan Panama.

 

Nantinya, dari 85 peserta tersebut akan disaring lagi menjadi lima nominasi final dan diumumkan bersamaan dengan seluruh nominasi Oscar lain pada 15 January 2015. Pemenangnya akan diketahui pada malam penganugerahan 22 Februari 2015 di Hollywood, Los Angeles.

Film Soekarno dibintangi oleh Ario Bayu, Lukman Sardi, dan Maudy Koesnaedy ini mengisahkan tentang riwayat Soekarno dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Film ini juga sempat merilis versi edit ulang yang diberi label "extended" menyambut hari kemerdekaan Indonesia Agustus lalu di bioskop-bioskop.

Selain Soekarno, film Indonesia lainnya pun sempat menjadi wakil di ajang Oscar. Sebut saja Tjoet Nja' Dien (1989), Gie (2005), dan Sang Kiai (2013). Namun, hingga saat ini belum ada yang berhasil lolos sampai tahap final.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement