Jumat 17 Oct 2014 06:31 WIB

Sedapnya Kepiting Ketan Khas Taiwan

Steamed glutinous rice with mud crab.
Foto: dok Shangri-La Jakarta
Steamed glutinous rice with mud crab.

REPUBLIKA.CO.ID, Rasanya makanan dari negeri Cina tidak ada habisnya untuk dicicipi. Seperti Indonesia yang luas, makanan Cina sangat kaya ragamnya.

Salah satu makanan atau kuliner yang sedang populer dari Cina adalah makanan Taiwan. Di Ibu Kota, beberapa tahun terakhir muncul rumah makan atau kedai yang khusus menyajikan es atau minuman dari Taiwan. Juga makanan yang di Taiwan sana banyak dijajakan di kaki lima.

Restoran Shang Palace di Hotel Shangri-La Jakarta pun tak ingin ketinggalan dalam menyajikan makanan Taiwan yang sedang naik daun. Bedanya, Shang Palace memilih menu yang banyak tersaji di rumah makan papan atas.

Taiwan memiliki keragaman budaya dan etnis yang kaya hingga mempengaruhi budaya kulinernya. Masakan Taiwan juga sangat dipengaruhi akar budaya kuliner dari Provinsi Fujian di Cina daratan. Serta kaya pengaruh dari daerah Fuzhou, Chazhou, dan Guangdong.

Hingga 19 Oktober 2014, beberapa menu khas Taiwan yang diracik oleh Eddie Lui, master chef sekaligus assistant director F&B di Shangri-La Far Eastern Plaza Hotel, Taipei, bisa dinikmati di Shang Palace. ''Kurang lebih saya membawa 15 makanan,'' katanya.

Salah satu makanan yang perlu Anda coba adalah bebek panggangnya. Bila biasanya daging bebek panggang masih agak liat, Eddie berhasil mengolah bebek menjadi santapan yang begitu lembut.

Menurut Eddie, rahasia kelezatan bebeknya adalah karena menerapkan prinsip dry age ke bebek. ''Sama seperti kalau kita mengolah daging dengan cara dry aging,'' ujarnya, beberapa waktu lalu. Hasilnya, daging bebek panggang sangat lembut saat dikulum di mulut.

Daging yang lembut itu kemudian mendapatkan teksturnya saat dikunyah saat terkena cocolan gula pasir dan saus. Eddie mengatakan, gula pasir memberi efek daging bebek yang dikunyah sedikit lama saat di mulut.

Menu lain yang patut dicoba adalah steamed glutinous rice with mud crab. Ketan yang sudah dibumbui menjadi dasar kepiting lumpur yang dikukus bersamaan. Ketan yang diberi bumbu pun bisa menjadi pengganti nasi, tak hanya untuk disantap dengan kepiting tapi juga dengan pilihan lauk lain.

Selain menu itu, Eddie meracik pula pilihan menu seperti braised sea cucumber with scallion, taiwanese beef noodle soup, deep-fried shrimp roll in Tainan style, baked beef short ribs, dan menu lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement