Rabu 15 Oct 2014 07:07 WIB

Duh! Patung Buddha Ini Pecah Akibat Ulah Turis Asing

Patung Buddha di Angkor Watt
Foto: Dailymail
Patung Buddha di Angkor Watt

REPUBLIKA.CO.ID, KAMBOJA -- Sebuah patung Buddha yang berusia berabad-abad lamanya dikabarkan pecah. Hal ini disebabkan oleh seorang wisatawan asing yang mengunjungi kuil di Angkor Wat, Kamboja.

Dilansir dari Dailymail, Rabu (15/10) seorang turis asal Selandia Baru sedang diburu untuk dimintai keterangan. Pasalnya menurut penjaga kuil, terakhir kalinya ia melihat turis tersebut di sekitaran patung.

Menurut petugas keamanan, patung Buddha tersebut berasal dari masa pemerintahan Jayavarman VII pada akhir abad ke-12. Kini patung tersebut hancur, sementara turis wanita berusia 40 tahun dilaporkan pergi sebelum dimintai pertanggung jawabannya. 

Pihak berwenang berusaha menemui wanita tersebut, namun dirinya merasa tidak mengetahui bahwa patung hancur. Ketika petugas ingin memeriksa lebih lanjut, wanita itu sudah keluar dari Kamboja.

Untuk sementara, kawasan area kuil ditutup untuk kunjungan wisatawan. Pasalnya, patung yang hancur tersebut sedang dibawa ke museum untuk mencari tahu apakah masih bisa diperbaiki atau tidak.

Angkor Archaeological Park merupakan sebuah kawasan berisi sisa-sia peninggalan kerajaan Khmer dari abad ke-9 hingga abad ke-15. Taman ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO lebih dari 20 tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement