Rabu 15 Oct 2014 11:20 WIB

Makanan-Makanan Ini Ternyata Bisa Disimpan Dalam Freezer (1)

Susu
Foto: dailyslave.com
Susu

REPUBLIKA.CO.ID, Daging, ikan, es krim. Kira-kira makanan-makanan itu yang umumnya tersimpan dalam freezer. Tapi jangan salah, bahan makanan yang bisa disimpan di freezer sebenarnya jauh lebih banyak.

Tak hanya memperpanjang masa simpan, menyimpan sejumlah bahan makanan dalam freezer juga akan membuat Anda bisa berhemat.

Berikut beberapa makanan yang bisa disimpan dalam freezer. Beberapa makanan ini, seperti dikutip dari laman The Daily Meal, namun memerlukan perlakuan yang berbeda. Berikut tips menyimpan makanan-makanan tertentu dalam kulkas.

1. Susu

Masa simpan susu umumnya cukup pendek. Membekukannya bisa membuat susu dinikmati lebih lama. Sebelum menyimpan susu, tuang dulu sedikit susu dari wadah. Ini bertujuan untuk memberi ruang bagi susu untuk mengembang.

Sebelum digunakan, pindahkan dulu susu dari freezer ke bagian tengah kulkas selama satu atau dua hari. Kocok dulu saat akan diminum, untuk mencegah gumpalan susu terminum.

Susu paling lama bisa disimpan selama enam minggu di freezer.

2. Mentega

Menyimpan mentega di feezer cukup mudah. Cukup letakkan di wadahnya atau dalam kantung kedap udara. Ketika akan dipakai, biarkan mencair di bagian bawah kulkas semalaman sebelum dipakai.

Mentega bisa bertahan enam bulan dalam freezer.

3. Keju

Keju juga tergolong mudah disimpan di freezer. Simpan saja keju di wadahnya lalu bungkus dengan plastik atau aluminium foil.

Keju dengan tekstur lembut atau krim keju tapi hanya tahan satu bulan dalam keadaan beku. Sebaiknya bekukan saja keju yang keras, seperti parmesan atau edam. Keju ini bisa bertahan hingga enam bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement