Rabu 01 Oct 2014 17:41 WIB

Kecantikan Garut nan Melegenda

Dermaga Santolo, Garut
Foto: RepMagz
Dermaga Santolo, Garut

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT-- Jika cinta bersandar pada nilai keindahan maka daerah ini tentu ada di hati setiap orang. Masih terasa sisa “mabuknya” saat beberapa waktu lalu menyambangi Garut, kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Alam yang indah di bentang pegunungan vulkanis yang luas. Garut dikeliling lima gunung ternama di Jawa Barat, Gunung Papandayan, Guntur, Talaga Bodas, dan Gunung Sadahurip yang terkenal dengan sebutan Gunung Piramida.

Pada masa lampau pesona alam Garut telah berembus ke separuh belahan dunia. Sejak abad ke-19, aroma keagungannya dibonceng embusan angin menuju barat. Kharismanya menembus garis khatulistiwa melewati laut Arabia.

Cerita keeksotisannya tak pudar meski melewati pekatnya Laut Merah. Maka, kemudian Garut pun menjadi wisata ternama bagi orang-orang Belanda dan sekitarnya. Ratu Belanda Wilhelmina Helena Pauline Marie van Orange-Nassau (1880-1962) konon memiliki tempat peristirahatan di sini.

Pada 1920 Garut mendapat julukan Swiss van Java. Julukan yang mendampingi daerah tetangganya, Bandung, yang mendapat julukan Paris van Java. RepMagz datang, mengunjungi Garut dan menjadi saksi berbagai cerita yang tersimpan di sini.

Klik di sini untuk melihat preview majalah digital RepMagz Edisi XV.

RepMagz bisa didownload lewat Android Play Store.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement