Selasa 23 Sep 2014 16:47 WIB

Rekening Bersama Bisa Picu Pertikaian Suami Istri

Rep: Desy Susilawati/Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Rekening bersama perlu dikelola agar tidak terjadi pertikaian antara suami istri.
Foto: Prayogi/Republika
Rekening bersama perlu dikelola agar tidak terjadi pertikaian antara suami istri.

REPUBLIKA.CO.ID, Rekening bersama suami istri memiliki dampak positif dan negatif. Perencana keuangan Safir Senduk mengatakan, efek positifnya pasangan bisa lebih mengontrol pengeluaran mereka.

Seperti yang kita tahu, kalau Anda memiliki rekening sendiri, Anda biasanya akan bebas mengambil uang kapan pun dan untuk tujuan apa pun.

Lain halnya jika uang itu ada di sebuah rekening bersama. Hal ini akan membuat Anda tidak bisa seenaknya saja mengambil uang di rekening itu untuk keperluan di luar yang sudah disepakati bersama.

Kondisi ini biasanya secara tidak langsung mampu menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu dari pasangan suami dan istri.

Selain efek positif, ada efek negatif yang muncul dari adanya rekening bersama. Yakni dapat terpecahnya kerukunan suami istri hanya karena masalah uang. Itu bisa terjadi karena mungkin saja salah satu pihak nekat menggunakan uang dalam rekening bersama untuk keperluan lain di luar yang sudah disepakati.

Hal ini bisa membuat pasangannya marah dan akhirnya terjadilah pertengkaran. Efek negatif tersebut hanya bisa dihindari oleh pasangan itu sendiri.

“Mereka harus benar-benar kembali lagi pada kesepakatan semula, yaitu untuk keperluan apa saja uang dalam rekening bersama itu digunakan,” kata Safir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement