Jumat 19 Sep 2014 08:49 WIB
Kesehatan

Nyeri Akibat Keputihan

Keputihan bisa jadi masalah perempuan yang mengganggu/ilustrasi
Foto: scene7.com
Keputihan bisa jadi masalah perempuan yang mengganggu/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya mau tanya. Beberapa belakangan hari ini saya mengalami keputihan dan cairannya berwarna merah. Tapi tidak bau dan tidak menyebabkan gatal, namun terkadang agak ada rasa nyeri.

Keputihan ini menurut saya banyak karena saya tidak pernah mengalami keputihan seperti.

Tropica (27 tahun)

Jawaban:

Salam untuk Ibu Tropica, saya jelaskan terkait keputihan yang dikeluhkan.

Keputihan merupakan keluarnya cairan berwarna keputihan dari kemaluan wanita, biasanya cairan ini dihasilkan mukosa vagina, tapi bisa juga karena reaksi peradangan. Keputihan yang normal biasanya tidak gatal, tidak perih dan tidak berbau dan berwarna keputihan. Keputihan normal ini berfungsi menjaga kelembaban vagina sehingga flora normal vagina dapat tumbuh dan terjaga.

Flora normal vagina ini sendiri berfungsi menghalangi tumbuhnya bakteri atau jamur penyebab penyakit. Pada keadaan tertentu cairan yang dihasilkan dapat berlebih, tetapi ini tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

Keputihan yang tidak normal biasanya disertai rasa gatal, atau perih atau berbau, dan biasanya berwarna, bisa kuning, hijau, kecoklatan atau kemerahan. Keputihan ini sering karena infeksi ( jamur atau bakteri), atau polip, atau myom, atau penyakit keganasan atau benda asing, dan lain sebagainya.

Pada kasus ibu yang keputihannya berwarna kemerahan dan disertai rasa nyeri, kemungkinan besar disebabkan suatu penyakit. Penyakit penyebab ini harus dicari sehingga ibu mendapat pengobatan yang tepat. Saran saya ibu harus konsultasi ke dokter kandungan ibu.

Demikian dapat saya jelaskan. Terima kasih.

dr S Chandra, SpOG, DMAS

Spesialis Kebidanan & Kandungan di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement