Jumat 19 Sep 2014 07:33 WIB

Cara Menarik Minum Air

Menambahkan buah-buahan ke air membantu menambah asupan air yang masuk ke tubuh.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Menambahkan buah-buahan ke air membantu menambah asupan air yang masuk ke tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, Air adalah asupan yang paling penting yang dibutuhkan tubuh. Sayangnya masih banyak orang yang belum minum air sebanyak yang dianjurkan.

Selain membantu menjaga berat badan, mempertahankan level energi, serta membuat kulit dan rambut sehat, air membantu menjaga sistem pencernaan dan organ tubuh manusia tetap sehat. Masalahnya, meminum air putih bisa membosankan.

Agar tetap menarik, coba praktikkan beberapa tips berikut, seperti dikutip dari laman Healthmeup. Mulai dari menambahkan potongan timun ke air minum. Banyak salon dan spa yang mencampur air putih dengan potongan ketimun. Trik lain juga bisa dicoba, tambahkan sedikit garam, potongan lemon, dan 2 sampai 3 potong ketimun ke air putih. Tak hanya terkesan cantik, studi menunjukkan ketimun mengandung aroma yang bisa membantu meningkatkan libido perempuan.

Campuran lain yang bisa ditambahkan ke air adalah teh juga rempah-rempah. Teh sudah lama dikenal kaya manfaat. Seperti teh hitam yang mengandung flavonoid dan catechin. Atau teh hijau yang mengandung polyfenol untuk membakar lemak.

Membuat sendiri ramuan teh di rumah juga bisa dilakukan. Tambahkan jahe yang diiris tipis beserta daun mint dan serai ke air mendidih. Bisa juga memasukkan lavender ke air mendidih untuk mendapatkan tambahan vitamin C.

Asupan air juga bisa didapat dari kaldu, entah itu kaldu ayam atau sayuran. Kaldu merupan pemberi cairan yang baik karena sekaligus mengandung protein dari ayam, serta vitamin dan mineral dari sayur.

Cara lain yang sedang populer adalah menambahkan buah-buahan ke segelas air. Pilih buah-buahan yang sedang musim seperti mangga, jeruk, atau nenas. Cara ini tidak hanya memberikan rasa tambahan ke air, pasokan vitamin dan antioksidan juga dengan mudah masuk ke tubuh.

Bagaimana dengan membekukan buah-buahan favorit ke dalam cetakan es? Lalu cukup masukkan buah beku ke dalam segelas air atau teh bahkan jus. Biarkan rasa dari buah meresap ke dalam air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement