Kamis 18 Sep 2014 08:11 WIB

Tiga Negara yang Berhasil Lakukan Pola Pengembangan Pariwisata

Psy dengan Gangnam Style-nya.
Foto: popdust.com
Psy dengan Gangnam Style-nya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pariwisata telah menjadi salah satu sektor yang diunggulkan dalam pendapatan negara. Bahkan sejumlah negara melakukan perubahan besar dalam pola pengembangan pariwisata. Siapa saja negara itu? 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan, konsep pariwisata yang dibuat oleh ketiga negara tersebut patut dicontoh. 

Pertama adalah Amerika Serikat. Jika dahulu urusan pariwisata berada di tingkat negara bagian, kini semuanya berada dalam koordinasi pemerintah pusat dengan membentuk National Tourism Office. 

"Bahkan posisinya langsung berada di bawah presiden," ujar Mari saat memberi sambutan di acara 'Seminar Nasional Pariwisata Berkelanjutan', Rabu (17/9). 

Yang kedua adalah Filipina. Pemerintah Filipina melihat permasalahan infrastruktur merupakan salah satu poin penting dalam pengembangan pariwisata. Untuk itu mereka menyediakan dana khusus untuk pengembangan infrastruktur. 

"Mereka punya tourism infrastructure budget yang khusus untuk menopang pariwisata," ujar Mari. 

Selanjutnya adalah Korea Selatan yang berhasil mengembangkan kekuatan budaya dalam bentuk ekonomi kreatif. Dalam hal ini adalah K-Pop yang telah mendunia. 

"Ini merupakan gebrakan pariwisata yang besar disana," kata dia. 

Indonesia sendiri, ujar Mari, telah membentuk forum koordinasi lintas sektor dalam pengembangan pariwisata. Dengan ini diharapkan pengelolaan kepariwisataan di Indonesia dapat lebih baik, terutama dalam mewujudkan pengembangan pariwisata berkelanjutan. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement