Sabtu 13 Sep 2014 19:30 WIB

Ini Dia Bahan Alami Pengganti Cairan Lantai yang Berbahaya (2-Habis)

Rep: MG ROL 25/ Red: Indira Rezkisari
Roti bisa berfungsi pula sebagai penghilang noda. Gosok bagian bernoda dengan roti sampai noda hilang.
Foto: AP
Roti bisa berfungsi pula sebagai penghilang noda. Gosok bagian bernoda dengan roti sampai noda hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Produk pembersih lantai dengan bahan kimia kuat dipercaya lebih beracun dan membahayakan. Selain bahan aktifnya tak ramah lingkungan, pembersih lantai bisa menyebabkan iritasi gangguan pernapasan dan risiko kanker.

Urszula Zaleska, konsultan kebersihan, membagikan tipsnya untuk membuat pembersih dari bahan alami. Tak hanya bisa membersihkan rumah, tapi juga ramah lingkungan.

Dikutip dari Female First, Sabtu (13/9), berikut tips dari Urszula :

3.    Garam

Garam adalah solusi jitu untuk mengatasi noda berminyak di oven atau kompor, dan juga menghapus lengket pada perangkat dapur Anda.

Caranya, basahi permukaan benda dan taburkan garam di bagian yang kotor. Biarkan selama beberapa menit agar garam melekat pada kotoran. Jika sudah cukup kering, hapus dengan lembut.

Semakin kuat kotoran yang menempel, maka semakin lama pula Anda menempel garam pada permukaan.Pada noda berminyak, Anda perlu sekira 10-15 menit.

4.    Soda bikarbonat (soda kue)

Bubuk soda berguna dalam melarutkan bahan kapur yang menempel kamar mandi, wastafel, atau bahan besi di rumah.

Basahi bagian yang berkapur, lalu tuangkan soda sedikit demi sedikit. Jika kapur yang menempel besar dan kuat, maka Anda memerlukan lebih banyak soda kue. Atau biarkan selama setengah jam, lalu garuk permukaan kapur tersebut.

5.    Roti

Jika Anda ingin menghilangkan noda di sofa kulit Anda, roti adalah jawabannya. Tak hanya bisa menghilangkan noda tersebut, tapi juga mencerahkan warna kulit yang sudah usang.

Caranya, gunakan satu iris roti, dan gulung dengan rapi. Gosok pada noda dengan lembut, sampai noda tersebut hilang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement