Selasa 09 Sep 2014 00:14 WIB

Besok, Mataram Gelar Festival Baca Kitab 'Barzanji'

Kitab Barzanji.
Foto: blogspot.com
Kitab Barzanji.

REPUBLIKA.CO.ID,  MATARAM -- Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengatakan kegiatan festival lomba membaca kitab "barzanji" dan "selakaran" merupakan upaya melestarikan tradisi budaya leluhur di daerah ini.

"Pembacaan kitab 'barzanji' memiliki makna penting, salah satunya agar umat Islam terus meneladani sifat dari Rasulullah SAW," katanya saat membuka acara festival lomba pembacaan kitab "barzanji" dan "selakaran" di Taman Sangkareang Mataram, Senin malam.

Dikatakannya, dalam kitab "barzanji" yang dibuat oleh Syekh Jaffar bin Husain Al Barzanji itu berisi pujian dan sanjungan kepada Nabi Muhammad SAW. Karena itu, pembacaan "barzanji" menjadi kitab induk peringatan Maulid, Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, dan sebelum jamaah haji berangkat ke tanah suci Mekkah dilanjutkan dengan "selakaran".

"Tradisi dan ritual akan terasa kurang berkah jika tidak dilaksanakan pembacaan 'barzanji' dan 'selakaran'," katanya.

Dalam kaitan itu, wali kota berharap, kegiatan festival lomba pembacaan kitab "barzanji" dan "selakaran" antarkelurahan se-Kota Mataram ini dapat terus dilestarikan sehingga keterlibatan masyarakat secara luas dapat ditingkatkan. Apalagi kegiatan ini memiliki makna yang penting dan merupakan peninggalan budaya, adat istiadat di Kota Mataram, serta memiliki nilai ibadah yang tinggi.

Ia menilai, kegiatan ini juga sekaligus sebagai implementasi untuk membangun Kota Mataram menjadi kota yang lebih baik, sejalan dengan moto Kota Mataram yang maju, religius dan berbudaya. "Selain itu menjadi ajang silaturahim dan kerbersamaan untuk menjalin semangat membangun Kota Mataram yang lebih baik sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement