Ahad 07 Sep 2014 15:26 WIB

Yuk, Bersenang-Senang Tanpa Televisi

Rep: MG ROL 25/ Red: Indira Rezkisari
Kurangi waktu di depan televisi, ajak anak bermain bersama di taman.
Foto: Yasin Habibi/Republika
Kurangi waktu di depan televisi, ajak anak bermain bersama di taman.

REPUBLIKA.CO.ID, HUNTINGTON – Menonton televisi terlalu lama, memiliki dampak yang merugikan bagi semua orang. Selain menyebabkan kurang tajamnya penglihatan, kecanduan televisi juga bisa menyebabkan obesitas dan perilaku agresif, terutama pada anak-anak.

Dilansir dari Child Development Info pada Ahad (7/9), tips berikut ini bisa membantu Anda menjauhkan anak dari televisi:

1.      Membuat permainan keluarga

Sempatkan waktu satu hari dalam satu minggu untuk bermain bersama keluarga. Anda bisa bermain ular tangga atau monopoli yang menyenangkan bersama anak-anak. Jika dilakukan dengan rutin, anak Anda akan mengingatkan Anda untuk bermain setiap minggunya.

Upayakan mencari permainan yang bisa merangkul semua usia. Dengan bermain permainan yang tepat, anggota keluarga Anda dari segala usia, akan lebih menikmati tradisi mingguan ini.

2.      Berkemah dalam rumah

Tak berada di alam, tidak berarti Anda tidak bisa melakukan kemping. Anda bisa mematikan semua listrik di rumah dan membangun suasana berkemah sendiri. Lalu Anda bisa menceritakan kisah-kisah seram dengan menggunakan senter sebagai penambah efek.

3.      Membuat film sendiri

Keluarkan perekam video Anda dan tantang mereka untuk membuat film sendiri. Minta mereka membuat naskah sendiri, desain kostum, dan tata panggung. Antusiasme anak-anak Anda akan merangsang kreativitas mereka. Setelah film selesai dibuat, Anda bisa mengajak mereka menikmati hasil karya mereka.

4.      Tantang anak

Tantang anak-anak Anda untuk tidak menonton televisi selama periode tertentu. Jika bisa menyelesaikan tantangan tersebut beri mereka hadiah, seperti mainan baru atau pergi ke bioskop bersama.

Tantangan-tantangan seperti ini akan membuat anak-anak terbiasa menjalani aktivitas mereka tanpa televisi. Dengan begitu, mereka bisa lebih aktif dalam kegiatan sosial bersama teman-teman.

5.      Ajak jalan-jalan keluar rumah

Ajak anak-anak Anda jalan-jalan pagi atau sore, ketika cuaca tak begitu menyengat. Anda bisa bermain sepeda bersama, berenang, atau bermain petak umpet di taman. Biarkan mereka bermain sampai anak-anak Anda merasa lelah dan siap untuk beristirahat.

Sebagai orangtua, Anda dapat menerapkan peraturan kedisiplinan di rumah. Banyak orang mengira hidup tanpa televisi menyulitkan. Padahal, jika dilakukan dengan benar, Anda bisa menambah waktu berkualitas bersama keluarga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement