Rabu 03 Sep 2014 16:00 WIB

Yuk, Membuat Sendiri Bolu Batik

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Proses pembuatan bolu batik.
Foto: Raisan Al Farisi/Republika
Proses pembuatan bolu batik.

REPUBLIKA.CO.ID, Helen Chu, pemilik Ummi Bakery, mengatakan untuk membuat bolu batik, tipsnya sederhana. Yang utama adalah kenali batik yang akan dilukis. Pastikan Anda sudah memiliki pewarna kue sesuai dengan warna batik yang dipilih untuk dijiplak. “Jangan lupa rajin googling untuk mengintip warna batik yang digemari masyarakat,” kata Helen.

Risiko gagal dalam pembuatan bolu gulung batik sangat kecil. Resepnya mudah untuk diikuti dan membatiknya pun tak pula sulit. Di samping itu, adonan bolu yang lentur gampang untuk digulung.

“Yang tak boleh luput diperhatikan ialah menjaga api agar panasnya tak berlebihan ketika mengukus.”

Resep Bolu Batik

Bahan :

- 6 buah telur

- 200 gram gula

- tbm 1/2 sendok makan

- 225 terigu

- 100 gram maizena

- 200 mililiter santan kental

- pewarna makanan

Cara membuat:

* Masukkan enam buah telur utuh, 200 gr gula, dan tbm 1/2 sendok makan lalu aduk pakai mixer kecepatan tinggi sampai kaku atau kental. Tambahkan 225 gr terigu dan 100 gr maizena. Aduk lagi menggunakan kecepatan sedang sampai rata. Masukan santan kental 200 ml. Aduk perlahan. Adonan sudah jadi.

* Ambil enam sendok makan adonan masukan dalam plastik piping bag. Bagi menjadi lima plastik. Beri warna setiap plastik sesuai warna yang dibutuhkan. Adonan siap digunakan untuk membuat batik.

Ambil loyang ukuran 26 x 26 x 4 cm. Oles menggunakan mentega atau carlo. Tempel motif batik yang sudah di-print dari komputer seukuran loyang. Alasi atasnya menggunakan kertas roti kualitas baik.

* Ambil piping bag berisi adonan warna-warni dan mulailah membatik di atas kertas roti dengan sistem jiplak.

* Setelah tahapan menjiplak batik pertama selesai, kukus adonan batik selama lima menit lalu angkat. Siram dengan adonan cake sisanya seberat 200 gram. Ratakan dan kukus kembali sampai matang.

* Kira-kira 10 menit, adonan akan matang. Angkat dan balik cake, cabut kertas roti yang digunakan alas sebelumnya.

* Sebelum digulung, olesi cake dengan selai sesuai selera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement