Rabu 03 Sep 2014 12:30 WIB

Melihat Prosesi Melasti di Pandawa

Salah satu ritual dalam upacara Melasti.
Foto: Reuters
Salah satu ritual dalam upacara Melasti.

REPUBLIKA.CO.ID, Pantai Pandawa terletak satu satu jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai di Bali. Jika Anda berangkat dari daerah Kuta, perjalanan bisa diarahkan menuju Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Dari sana ambul belokana ke kiri menuju Nusa Dua atau Bali Cliff.

Sepanjang jalan perhatikan papan penunjuk arah yang menunjukkan direksi ke Pantai Pandawa. Ketika tiba di persimpangan jalan, belok ke kiri menuju jalan yang membawa ke tebing di pesisir pantai dan akhirnya tiba di Pantai Pandawa.

Seperti pantai lainnya, aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah berenang dan beragam olahraga air. Seperti, bermain kano dan terbang layang. Atau cukup nikmati pemandangan dan sinar matahari di bawah payung pantai sambil menyeruput air kelapa dingin.

Sebagian wilayah Pantai Pandawa juga digunakan sebagai daerah perkebunan rumput laut. Usaha rumput laut sudah dilakukan di sini sejak 1980. Bahkan, masyarakat sekitar Pandawa sudah mengembangkan rumput laut dengan kolaborasi dengan negara seperti Denmark dan Amerika Serikat.

Pantai Pandawa juga digunakan sebagai tempat masyarakat Hindu menggelar upacara Melasti. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun di bulan Maret. Melasti dilakukan sebelum Nyepi dan merupakan simbol dari pembersihan dan pemurnian raga serta jiwa. Turis banyak menyambangi pantai ini saat prosesi Melasti diselenggarakan.

sumber : indonesia.travel
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement