Rabu 03 Sep 2014 12:05 WIB

Cantiknya Secret Beach Pandawa

Pantai Pandawa sekarang lebih mudah digapai setelah jalan baru dibangun menuju sana.
Foto: dok indonesia travel
Pantai Pandawa sekarang lebih mudah digapai setelah jalan baru dibangun menuju sana.

REPUBLIKA.CO.ID, Bali tidak hanya punya pantai Kuta atau Dreamland. Bali masih banyak memiliki sejumlah pantai yang namanya belum populer. Kecantikannya namun tak kalah dengan pantai-pantai yang lebih terkenal. Bahkan, mungkin lebih indah.

Salah satu pantai ini adalah Pantai Pandawa, yang juga dikenal dengan nama The Secret Beach. Pandawa terletak di daerah Kutuh di Bali bagian selatan. Ia tersembunyi di balik tebing tinggi dan semak-semak yang tumbuh subur. Selama ini Pandawa tidak menjadi kawasan wisata turis karena faktor jalan menuju ke sana yang sulit diakses.

Beberapa tahun terakhir, kecantikan Pandawa menggugah pemerintah Badung membuka jalan sepanjang 1,5 km untuk menuju pantai tersebut. Jalan yang dibuat mungkin pendek namun dibangun dengan membelah tebing batu kapur yang menyembul di tiap sisi.

Ketika mendekati Pantai Pandawa, turis akan disambut oleh lima patung yang dipahat di sisi tepian tebing. Patung-patung itu merupakan Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Mereka adalah Panca Pandawa. Alias, lima bersaudara yang menjadi tokoh pewayangan. Dari karakter mereka nama pantai ini diambil.

sumber : indonesia.travel
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement