Rabu 03 Sep 2014 10:33 WIB

Gaji Kecil tapi Ingin Beli Mobil?

Rep: Desy Susilawati/Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Komitmen untuk menabung akan membuat upaya membeli mobil jadi lebih mudah.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Komitmen untuk menabung akan membuat upaya membeli mobil jadi lebih mudah.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian besar orang ingin memiliki mobil untuk membantu aktivitasnya sehari-hari. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki momongan lebih dari satu. Pastilah mereka sangat membutuhkan mobil.

Sayangnya, impiannya memiliki mobil tak bisa langsung dicapai banyak orang dengan instan. Apalagi harga mobil tergolong mahal. Tabungan yang belum cukup dan gaji yang pas-pasan membuat keinginan membeli mobil terus menerus ditangguhkan.

Sebenarnya, kendati bergaji pas-pasan, keinginan untuk memiliki mobil tetap mungkin diwujudkan. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menggapai semua impian tersebut, yakni rutin menabung.

“Sisihkan minimal 10 persen dari penghasilan per bulan setelah dipotong zakat,” kata perencana keuangan Andy Nugroho, CFP, dari MRE Financial and Business Advisory tersebut.

Niatkan tabungan tersebut untuk mewujudkan impian yang sudah dibuat. Misalnya, untuk membeli mobil atau investasi rumah. Memang membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menuai hasilnya. Meski demikian, justru langkah tersebut harus diambil sedini mungkin atau setelah masuk dunia kerja.

Ibarat pepatah lama, banyak jalan menuju Roma, begitu pula dengan cara meraih mimpi. Dari sekian banyak cara yang ada tentunya tidak ada yang instan. Tetapi, harus melewati serangkaian proses. Untuk itu, diperlukan pengontrolan diri ketika mengelola uang.

Memanjakan diri dengan hasil jerih payah sendiri diperbolehkan. Tetapi, komitmen untuk menabung dan berinvestasi jangan sampai terlupakan. Selain itu, Andy mengungkapkan, “Harus banyak belajar juga dari pengalaman orang-orang yang sudah berhasil lebih dulu.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement