Senin 25 Aug 2014 09:25 WIB

Pantai Pengururan Samosir Kini Bersih dari Eceng Gondok

Seorang petani mengambil eceng gondok. Ilustrasi
Foto: Antarafoto.com
Seorang petani mengambil eceng gondok. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SAMOSIR, SUMUT -- Wajah Pantai Pangururan Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, yang dulunya kerap tertutup eceng gondok kini telah berubah. 

"Pantai Pangururan sudah bersih dari enceng gondok," kata Bupati Samosir Mangindar Simbolon, di Samosir, Senin.

Bupati menjelaskan bahwa bersihnya pantai dari enceng gondok, setelah berfungsinya dua kapal khusus untuk mengumpul dan merejang enceng gondok.

"Setiap hari dua kapal khusus ini terus beroperasi untuk merajang encek gondok yang berada di permukaan pantai Pangururan Samosir," katanya.

Enceng gondok ini kemudian dijadikan suvenir khas Samosir, seperti tas, sandal, topi, yang pemanfaatannya dikelola oleh kelompok masyarakat yang khusus dibina untuk pembuatan kerajinan tersebut.

Selain itu juga pemanfaatan enceng gondok yang selama ini memenuhi perairan pantai Pangururan iu dijadikan kompos untuk meningkatkan produksi pertanian, maupun juga mencegah pertumbuhan rumput liar untuk tanaman kopi.

Pemerintah Samosir terus berupaya untuk membersihkan enceng gondok ini agar wisatawan mancanegara maupun lokal bisa betah menikmati keindahan alam yang ada, dan berlama-lama berada di daerahnya.

Untuk itu penambahan berbagai fasilitas terus dilakukan, termasuk hotel, homestay, penginapan, maupun juga penataan pedagang, pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, agar agar semakin banyak lagi wisatawan yang datang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement