Kamis 07 Aug 2014 12:45 WIB

Hindari Membawa 10 Item Ini Jika Berwisata ke Luar Negeri (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Wisatawan di Forbidden City, Beijing
Foto: Republika
Wisatawan di Forbidden City, Beijing

REPUBLIKA.CO.ID, Jalan-jalan atau berwisata ke luar negeri tidak sesederhana seperti membeli tiket pesawatnya. Keselamatan harus menjadi pertimbangan utama, tidak peduli ke negara mana Anda bepergian.

ROLers, sebelum Anda mengisi koper Anda dengan berbagai perlengkapan untuk persiapannya, perhatikan 10 hal berikut yang sebaiknya tetap Anda tinggalkan di lemari Anda di rumah dan tidak membawanya serta ke luar negeri, dilansir dari Independent Traveler, Kamis (7/8).

5. Simbol agama dan bendera nasional

Hindari pakaian bergambar simbol-simbol agama atau militer tertentu, termasuk di dalamnya kata-kata umpatan, bendera nasional, atau kata-kata yang ditulis dalam bahasa yang tak bisa Anda terjemahkan.

Anda tidak perlu memicu perdebatan emosional ketika berlibur ke luar negeri lewat baju Anda. Di Amerika, orang mungkin bebas menggunakan bendera nasional untuk baju bahkan celana dalamnya, namun itu tidak berlaku di negara-negara Asia.

6. Warna super cerah

Sebaiknya Anda menghindari membawa baju-baju bewarna super cerah, misalnya warna-warna yang berani, ditambahi gambar-gambar yang mengandung unsur pornografi misalnya. Anda cukup membawa pakaian bewarna konservatif, misanya hitam, biru tua, biru, coklat, atau abu-abu. Itu akan membuat Anda gampang berbaur dengan penduduk lokal. Jika Anda terlalu mencolok dan menor, misalnya mengenakan baju tank top bewarna hijau neon, Anda justru menjadi pusat perhatian.

7. Warna yang tidak pantas

Di Barat, Anda mungkin harus memakai pakaian hitam untuk datang ke rumah ibadah atau ke tempat pemakaman. Namun, di Asia, putih adalah warna funereal yang mungkin saja digunakan saat penduduk berkabung.

Sementara itu, hindari membawa baju-baju hitam ke Afrika, khususnya Afrika Tengah, sebab itu adalah warna yang menarik kedatangan lalat tsetse yang bisa saja menggigit dan menularkan penyakit pada Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement