Kamis 07 Aug 2014 12:30 WIB

Hindari Membawa 10 Item Ini Jika Berwisata ke Luar Negeri (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Wisatawan Muslim tengah berlibur
Foto: Youtube
Wisatawan Muslim tengah berlibur

REPUBLIKA.CO.ID, Jalan-jalan atau berwisata ke luar negeri tidak sesederhana seperti membeli tiket pesawatnya. Keselamatan harus menjadi pertimbangan utama, tidak peduli ke negara mana Anda bepergian.

ROLers, sebelum Anda mengisi koper Anda dengan berbagai perlengkapan untuk persiapannya, perhatikan 10 hal berikut yang sebaiknya tetap Anda tinggalkan di lemari Anda di rumah dan tidak membawanya serta ke luar negeri, dilansir dari Independent Traveler, Kamis (7/8).

1. Item religius

Anda sebaiknya berpakaian konservatif saja ketika berwisata ke luar negeri tanpa perlu mengenakan item-item religius, apalagi berpotensi menyinggung umat agama tertentu. Misalnya, jika Anda melakukan perjalanan ke Timur Tengah, maka Anda perlu memperhatikan adat setempat.

Wanita khususnya harus menghindari rok mini, tank top, bra tops, kemeja lengan pendek, celan pendek, bahkan terkadang celana capri. Menggunakan gaun dengan belahan dada atau bantalan leher yang jelas juga perlu dihindari di sini.

Pria harus menghindari celana pendek dan atasan tanpa lengan di sejumlah negara Timur Tengah atau saat memasuki masjid, gereja, dan tempat suci agama lainnya. Perempuan sebaiknya tetap membawa selendang atau minimal syal kemanapun mereka bepergian.

2. Sneakers dan sandal jepit

Di Eropa khususnya, sneakers hanya digunakan pada saat berolah raga saja. Jadi, Anda akan menjadi pusat perhatian jika menggunakan sneakers misalnya saat masuk ke dalam museum atau gedung-gedung bersejarah.

Penduduk lokal biasanya akan memakai sepatu kulit di kota dan selalu terpoles dengan baik, misalnya di Spanyol dan Italia. Sepatu tenis putih, Crocs dan Birkenstock sangat disukai di dia negara ini.

Hal penting juga bahwa Anda sebaiknya menghindari mengenakan sandal jepit saat jalan-jalan di luar negeri. Ini juga demi keselamatan Anda sebab bisa jadi Anda akan terkena infeksi jika berkunjung ke daerah-daerah tertentu dengan mengenakan sandal jepit.

3. Celana pendek

Ya, bagi sebagian besar orang Amerika mungkin sangat menyukai celana pendek. Tapi, kebanyak di negara lain, penduduk lokal tidak mengenakan celana pendek untuk sehari-hari apalagi jika sangat pendek hingga hampir memperlihatkan panggul Anda. Sebaiknya tinggalkan celana pendek khaki Anda, kecuali memang Anda akan jalan-jalan ke pantai, taman, klub tenis, atau ikut hiking.

4. Perhiasan mencolok

Jangan memakai perhiasan mahal dan mencolok di luar negeri, kecuali jika Anda ingin cincin berlian, mutiara dan jam tangan mahal Anda dicuri orang lain. Tinggalkan barang-barang beharga Anda di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement