Kamis 07 Aug 2014 09:45 WIB

9 Cara Mengatasi Kendala Bahasa Saat Berada di Negara Lain (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Bahasa Asing (ilustrasi)
Foto: braintrack.com
Bahasa Asing (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Anda bisa saja berbahasa Inggris jika berkunjung ke Amerika atau Eropa. Namun, bagaimana misalnya ketika Anda berkunjung ke satu tempat dimana tak satu orang pun bisa berbahasa Inggris dan hanya menguasai bahasa lokal?

Bahasa Inggris memang bahasa kedua yang umum digunakan dibanyak negara. Namun, dinegara-negara tertentu sangat susah menemukan penutur bahasa Inggris. Di Ekuador misalnya, Anda sangat sulit menemukan orang yang bisa berbahasa Inggris. Mereka hanya bisa bahasa Spanyol. Bagaimana jika Anda berada di pedesaan Tiongkok atau Rusia, atau bahkan di sebuah kota besar seperti Tokyo yang penduduknya sangat kuat dengan bahasa Jepang?

ROLers, berikut ada sembilan tips yang bisa membantu Anda untuk berkomunikasi ketika tak seorang pun bisa berbahasa Inggris di daerah yang Anda kunjungi, dilansir dari Independent Traveler, Kamis (7/8).

5. Pergi ke hotel

Dimanapun Anda berada, sebaiknya carilah hotel atau penginapan bisnis yang sudah terbiasa melayani tamu internasional. Hotel hampir selalu memiliki staf yang bisa berbicara bahasa Inggris atau bisa mencarikan seseorang yang bisa berkomunikasi dalam bahasa tersebut. Dalam kasus terburuk, Anda bisa beristirahat di lobi hotel sembari mengumpulkan ide untuk mengakses bahasa lokal.

6. Cari kantor besat

Banyak kantor besar bisa membuat Anda bertemu dengan orang-orang yang bisa berinteraksi dalam bahasa Inggris. Kemungkinan Anda bisa minta tolong pada orang-orang atau staf yang berkemampuan multibahasa.

7. Carilah waralaba asing

Pergilah ke McDonald, KFC, atau American Grill yang sudah sering berkomunikasi dengan pengunjung internasional. Bahkan, jika mereka tak bisa, Anda bisa saja bertemu dengan pengunjung atau turis asing yang mungkin saja berwisata ke kota yang sama dengan Anda.

8. Carilah anak muda

Anak-anak berusia 20 tahunan ke bawa cenderung bisa berbahasa Inggris, meski seadanya. Hal itu mengingat mereka pastinya belajar di sekolah.

9. Bahasa tubuh

Ide terakhir ini adalah yang paling sering dilakukan orang-orang, yaitu menggunakan bahasa tubuh. Jika Anda gagal untuk menyusun kata dalam bahasa lokal, maka gunakan bahasa tubuh untuk menanyakan sesuatu. Misalnya gerakan tangan menunjukkan perut lapar, stasiun kereta, atau menanyakan tempat wisata tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement