Kamis 07 Aug 2014 09:38 WIB

9 Cara Mengatasi Kendala Bahasa Saat Berada di Negara Lain (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Bahasa Asing (ilustrasi)
Foto: LIBRARY ESCONDIDO
Bahasa Asing (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Anda bisa saja berbahasa Inggris jika berkunjung ke Amerika atau Eropa. Namun, bagaimana misalnya ketika Anda berkunjung ke satu tempat dimana tak satu orang pun bisa berbahasa Inggris dan hanya menguasai bahasa lokal?

Bahasa Inggris memang bahasa kedua yang umum digunakan dibanyak negara. Namun, dinegara-negara tertentu sangat susah menemukan penutur bahasa Inggris. Di Ekuador misalnya, Anda sangat sulit menemukan orang yang bisa berbahasa Inggris. Mereka hanya bisa bahasa Spanyol. Bagaimana jika Anda berada di pedesaan Cina atau Rusia, atau bahkan di sebuah kota besar seperti Tokyo yang penduduknya sangat kuat dengan bahasa Jepang?

ROLers, berikut ada sembilan tips yang bisa membantu Anda untuk berkomunikasi ketika tak seorang pun bisa berbahasa Inggris di daerah yang Anda kunjungi, dilansir dari Independent Traveler, Kamis (7/8).

1. Jangan panik

Logika dan ketenangan adalah teman terbaik Anda ketika tersesat di luar negeri. Anda mungkin khawatir jika sudah terlalu malam dan Anda masih belum menemukan ATM atau hotel di luar negeri. Jangan khawatir, tetap berpikiran positif, dan pada akhirnya seseorang akan datang membantu Anda.

2. Tuliskan

Sebelum Anda berangkat ke luar negeri, minta seseorang yang menguasai bahasa lokal untuk menuliskan nama hotel tempat Anda menginap dengan tulisan atau bahasa lokal. Atau, temukan kartu nama yang menuliskan rincian hotel Anda.

Dengan menulis atau menggambar, Anda tetap bisa berkomunikasi dengan penduduk lokal, meskipun mereka tak bisa berbahasa Inggris.

3. Aplikasi bahasa

Jika Anda menggunakan smartphone di luar negeri, maka unduhlah aplikasi kamus bahasa negara tertentu. Google Translate misalnya bisa membantu Anda menerjemahkan 70 bahasa.

Anda bisa mendengarkan pengucapan sebuah kata di Google Translate dan Anda bisa memanfaatkannya ketika berada di luar negeri. Aplikasi ini biasanya gratis untuk iPhone dan Android.

4. Beli kamus

Ingat, ponsel Anda tidak selalu bisa membantu Anda dimana-mana. Bagaimana jika baterai ponsel Anda habis dan Anda tidak bisa menanyakan satu hal dengan bantuan aplikasi bahasa di Android Anda? Maka, bawalah kamus saku yang banyak sekali dijual di toko-toko buku. Jika perlu, tandai kata-kata umum yang pasti Anda butuhkan jika berada di luar negara Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement