Kamis 07 Aug 2014 09:29 WIB

10 Alasan Nyaman Berwisata dengan Kereta Api (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah warga bersiap naik Kereta Brantas menuju Jakarta di Stasiun Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (2/8).
Foto: Antara
Sejumlah warga bersiap naik Kereta Brantas menuju Jakarta di Stasiun Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (2/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggaran perjalanan terbatas membuat kereta api menjadi transportasi pilihan yang menarik bagi wisatawan saat ini. Plus, naik kereta api bisa membuat Anda menikmati pemandangan bahkan berlibur lebih dulu sebelum sampai ke lokasi yang Anda tuju. Perlu lebih banyak alasan lagi agar Anda mencoba naik kereta api? Berikut 10 di antaranya, dilansir dari Independent Traveler, Kamis (7/8).

6. Stasiun ramah transportasi

Tidak seperti bandara yang membatasi jenis-jenis kendaraan yang boleh masuk ke lingkungannya, Anda tetap bisa mengendarai motor dan memarkirnya di dekat pintu stasiun, kemudian melanjutkan perjalanan Anda dengan kereta. Alih-alih Anda tak perlu mengambil taksi khusus seperti di bandara dan membayar mahal.

7. Ramah lingkungan

Kereta api lebih hemat energi dan ramah lingkungan dibandingkan berkendaraan dengan mobil pribadi atau pesawat. Emisi karbon dari kereta sangat minim dan tidak dilepaskan langsung ke atmosfer atas. Justru, energi menjadi lebih efisien ketika menggunakan kereta. Kereta tidak rentan dengan kenaikan harga bahan bakar, jadi wajar jika tarifnya lebih stabil meskipun perekonomian suatu negara sedang tidak stabil.

8. Anggap saja rumah sendiri

Ada sesuatu yang menyenangkan bisa Anda lakukan di kereta, yaitu Anda bisa membaca buku, bermain kartu, bermain internet, bermain ponsel, menghubungi orang via telepon, atau memotret pemandangan sepanjang jalan dengan kamera Anda.

Hal-hal di atas tidak semuanya bisa dilakukan jika Anda memilih transportasi pesawat terbang. Ya, naik kereta membuat kita merasa seperti masih di dalam rumah sendiri.

9. Kenyamanan dan relaksasi

Daripada menjejalkan kaki ke kursi pesawat yang sempit atau memerhatikan rambu-rambu lalu lintas dengan mobil pribadi di jalan, maka lebih nyaman naik kereta. Kereta mempunyai jalurnya sendiri. Anda juga memiliki lebih banyak ruang untuk kaki Anda. Anda juga tidak perlu mengenakan seatbelt.

10. Pemandangan spektakuler

Jika naik pesawat, Anda mungkin hanya melihat pemandangan atas awan atau birunya langit. Tapi dengan kereta, Anda bisa menikmati persawahan, pegunungan, hingga suasana alam khas pedesaan yang mungkin tidak bisa Anda temukan di kota. Semuanya gratis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement