Kamis 07 Aug 2014 08:16 WIB

10 Alasan Nyaman Berwisata dengan Kereta Api (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Erik Purnama Putra
Penumpang antre masuk ke kereta Kahuripan di Stasiun Kota Kediri, Jawa Timur, Ahad (3/8).
Foto: Antara
Penumpang antre masuk ke kereta Kahuripan di Stasiun Kota Kediri, Jawa Timur, Ahad (3/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggaran perjalanan terbatas membuat kereta api menjadi transportasi pilihan yang menarik bagi wisatawan saat ini. Plus, naik kereta api bisa membuat Anda menikmati pemandangan bahkan berlibur lebih dulu sebelum sampai ke lokasi yang Anda tuju. Perlu lebih banyak alasan lagi agar Anda mencoba naik kereta api? Berikut 10 di antaranya, dilansir dari Independent Traveler, Kamis (7/8).

1. Hemat ongkos

Kereta adalah transportasi alternatif yang lebih hemat ketimbang pesawat, terutama jika Anda melakukan perjalanan relatif pendek. Anda mungkin membutuhkan uang Rp 1,5 juta untuk pulang pergi Jakarta-Surabaya, namun dengan kereta api, Anda hanya perlu setengahnya. Memang, naik pesawat terbang lebih cepat ketimbang kereta api, namun untuk wisatawan, kereta api justru menjadi pilihan, bahkan mereka bisa berwisata gratis dengan pemandangan sepanjang jalan.

2. Harga stabil

Siapapun yang ingin naik pesawat maka harus mengamati tiket online setiap menit demi mendapatkan harga termurah. Tarif kereta api justru sangat stabil setiap rutenya. Perubahan harga biasanya hanya terjadi dimusim liburan, namun tidak sesignifikan perubahan harga tiket pesawat.

3. Fleksibel

Kecuali untuk lokasi wisata yang sangat jauh, kereta api cenderung menawarkan wisatawan lebih banyak fleksibilitas. Misalnya, Anda ketinggalan kereta pukul 10.00 WIB? Anda bisa naik kereta berikutnya pukul 11.00 WIB sebagai gantinya. Kebanyakan perjalanan pendek tidak memerlukan pemesanan tiket sebelumnya. Anda cukup muncul di stasiun dihari perjalanan Anda dan Anda bisa mengambil tiket untuk hari berikutnya tanpa perlu membayar ongkos selangit dimenit-menit terakhir.

4. Bagasi lebih

Saat ini, hampir seluruh maskapai penerbangan besar mengenakan biaya tambahan bagi wisatawan yang membawa lebih dari dua tas ke atas kabin pesawat. Bandingkan dengan kebijakan di kereta api dimana Anda bisa bebas membawa bagasi sesuka hati Anda. Pesawat hanya membatasi bagasi 15-20 kilogram, namun kereta bisa lebih dari itu.

5. Tak perlu antre

Bayangkan jika Anda melakukan perjalanan pesawat dan Anda tiba kurang dari 30 menit ketika pesawat akan take off. Anda sudah pasti ketinggalan pesawat. Dengan kereta api, Anda bisa saja tiba 10 menit sebelum kereta tiba, tanpa perlu tahapan check in, check bagasi, dan boarding.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement