Rabu 02 Jul 2014 14:31 WIB

Menparekraf: Pertumbuhan Wisman Masih di Atas Target

Mari Elka Pangestu
Foto: Antara
Mari Elka Pangestu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu kembali menyatakan keyakinannya target jumlah wisatawan mancanegara tahun ini dapat terpenuhi. Bahkan Mari berharap target sebesar 9,5 juta wisatawan sepanjang tahun ini dapat terlampaui.

"Mudah-mudahan bisa melampaui target," ujar Mari Elka Pangestu di sela-sela peresmian pemasangan logo 'Wonderful Indonesia', Selasa (1/7) di hanggar Garuda Maintenance Center, Cengkareng, Jakarta.

Optimisme itu dilontarkan Mari Elka menyusul data terbaru BPS dan Pusdatin Kemenparekraf yang menyebutkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang Mei lalu mencapai 752.363 orang.

"Sehingga secara keseluruhan kedatangan wisman selama lima bulan pertama 2014 (Januari-Mei) sudah mencapai 3,7 juta orang," kata Mari Elka.

Jumlah tersebut tumbuh sebesar 9,96 persen dibandingkan periode yang sama pada 2013 yang berjumlah 3,364 juta orang.

"Jadi untuk lima bulan pertama 2014, pertumbuhan wisman mendekati 10 persen atau di atas target semula pada kisaran enam persen sampai dengan delapan persen," kata Menteri.

Mari menambahkan, meski masuk dalam periode low season, jumlah kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) pada Mei lalu masih tergolong tinggi. Atau tumbuh sekitar 7,37 persen dibandingkan pada bulan yang sama di tahun 2013 sebesar 700.708 orang.

"Dibandingkan capaian bulan sebelumnya atau April sebesar 726.332 orang, jumlah kunjungan wisman pada Mei lalu memang lebih rendah 4,5 persen," ujar Mari.

Namun hal tersebut lebih disebabkan oleh siklus kedatangan wisman yang pada bulan Mei trennya selalu lebih rendah atau masuk dalam periode low season.

"Jadi hampir tiap tahun, jumlah kunjungan pada Mei selalu lebih rendah dibandingkan April," kata Mari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement